Perancangan Aplikasi Portal Alumni Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Kudus Berbasis Web

Supriyono Supriyono - [ https://orcid.org/0000-0002-4928-2614 ]
Muhammad Arifin

Abstract


BLK Kudus adalah adalah tempat diselenggarakannya proses pelatihan kerja bagi masyarakat Kudus yang mau mengebangkan diri sesuai jenis pelatihan yang diadakan. Disini para peserta pelatihan dilatih agar  mampu dan menguasai suatu jenis dan tingkat kompetensi kerja tertentu  guna  memasuki pasar kerja atau untuk mendirikan usaha  mandiri. BLK Kudus i telah menghasilkan ribuan lulusan, tetapi data alumni BLK Kudus masih terarsip secara manual didalam tumpukan berkas. Hal ini menyebabkan informasi tentang alumni sulit didapat dan sulit tidak terekam jejaknya, sehingga menyebabkan BLK sulit dalam mengukur keberhasilan dari pelatihan yang mereka adakan. Penelitian dengan judul “Perancangan Portal Alumni Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Kudus” dirancang menggunakan data flow diagram. Perancangan aplikasi ini nantinya diharapkan bisa digunakan untuk membangun portal alumni sehingga mempermudah pihak pengambil keputusan dalam mengukur tingkat keberhasilan pelatihan, mengetahui sebaran alumni,  tingkat keterserapan alumni pada dunia kerja, jumlah wira usaha lulusan BLK Kudus. Hal ini dibutuhkan untuk pengambilan keputusan tentang penentuan pelatihan yang akan diadakan.


Keywords


BLK; portal; latihan kerja

Teks Lengkap:

Download Disini (PDF)

Referensi


Supriyono dan Arifin 2015, Sistem Informasi Manajemen Pelatihan Kerja di Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Kudus Berbasis Web.

Hanrahmawan, F., 2010, Revitalisasi Manajemen Pelatihan Tenaga Kerja (Studi Kasus Pada Balai Latihan Kerja Industri Makassar), Jurnal Administrasi Publik, Volume 1 No. 1, Makassar.

Aqil, I., 2010, Sistem Informasi Alumni Program Diploma Pada Bina Sriwijaya Palembang Berbasis Web, Jurnal Iptek.




DOI: https://doi.org/10.24176/sitech.v1i1.2272

Article Metrics

Abstract views : 1026| Download Disini (PDF) views : 532

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Statistik Pengunjung Sitech View My Stats

Indexed by:


 Kode Barcode ISSN - Jurnal SITECH
Free counters!

Creative Commons License
Sitech : Jurnal Sistem Informasi dan Technology is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: