Aplikasi Manajemen Posyandu Untuk Peningkatan Kesehatan Ibu Dan Anak

Diana Laily Fithri

Sari


Manajemen pengelolaan posyandu untuk peningkatan kesehatan ibu dan bayi sangat diperlukan pada sebuah instansi kesehatan. Permasalahan yang ada dalam posyandu tersebut adalah manajemen dalam posyandu yang terdiri dari penimbangan berat badan bayi, pengukuran tinggi badan bayi, pemberian imunisasi dan pelayanan kesehatan ibu dan bayi. Sistem yang berjalan masih manual dan secara konvensional sehingga dalam pencarian data ibu dan bayi masih kesulitan dan sering terjadi redudansi. Dengan adanya permasalahan tersebut, dibuatlah aplikasi sistem manajemen posyandu untuk peningkatan kesehatan ibu dan bayi. Metode pengembangan sistem menggunakan Waterfall dan metode perancangan menggunakan Context Diagram dan Data Flow Diagram. Dalam aplikasi manajemen posyandu memiliki tujuan untuk memudahkan pihak posyandu dalam pengelolaan manajemen ibu dan bayi sehingga dapat mempermudah dalam pendataan dan pencarian data ibu dan bayi.


Kata Kunci


bayi; ibu; grafik; manajemen; posyandu

Teks Lengkap:

Download Disini (PDF)

Referensi


Sholihah, Nabila.2015.” Sistem Informasi Posyandu Kesehatan Ibu dan Anak”.Proseding SNATIF. ISBN: 978-602-1180-21-1

Mulyani, Widiana.” Pembangunan Sistem Informasi Data Balita pada Posyandu Desa Ploso Kecamatan Punung Kabupaten Pacitan ”. IJCSS.

Dwi Wahyuni, Anita.2015.”Rancang bangun Sistem Informasi Pos Pelayanan Terpadu Pada Dinas Kesehatan Kota Surabaya Berbasis Web”. JSIK Vol.4 No.2 September 2015.

Pressman RS, 2001, “Software Engineering : a practitioners approach”, Mc Graw Hill Companies, Inc.




DOI: https://doi.org/10.24176/sitech.v1i1.2276

Article Metrics

Sari views : 174| Download Disini (PDF) views : 96

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Statistik Pengunjung Sitech View My Stats

Indexed by:


 Kode Barcode ISSN - Jurnal SITECH
Free counters!

Creative Commons License
Sitech : Jurnal Sistem Informasi dan Technology is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: