Perancangan Sistem Pengelolaan Kegiatan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Di Universitas Muria Kudus Berbasis Web

Noor Latifah

Sari


Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga merupakan organisasi wanita yang memiliki beberapa program kerja di dalamnya dan memiliki kegiatan-kegiatan yang rutin dilaksanakan menurut waktu yang telah ditentukan. Begitu pula dengan PKK di Universitas Muria Kudus yang memiliki Kegiatan-kegiatan diantaranya kegiatan yang bermanfaat dan kegiatan ketrampilan yang dapat menghasilkan suatu kerajinan sehingga bisa membantu meningkatkan kesejahteraan keluarga melalui peran perempuan. Kegiatan-kegiatan, dan hasil kerajinan yang dihasilkan dalam organisasi PKK ini supaya bisa terkelola dan terdokumentasikan dengan baik serta bisa membantu dalam promosi hasil kerajinan maka dilakukan analisa terhadap kegiatan dan hasil kerajinan atau hasil ketrampilan organisasi PKK kemudian disusunlah perancangan sistem pengelolaan kegiatan PKK di UMK berbasis Web. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara studi literatur, pengamatan secara langsung dan wawancara dengan pihak yang terkait sehingga dapat diketahui mengenai data dan informasi yang dibutuhkan. Perancangan menggunakan bahasa pemodelan UML. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah perancanngan sistem pengelolaan kegiatan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga di Universitas Muria Kudus berbasis web dengan tujuan untuk membantu dalam mengelola kegiatan termasuk di dalamnya kegiatan menabung, mendokumentasikan hasil kegiatan serta serta membantu dalam promosi hasil ketrmapilan yang pernah dilaksanakan yang secara tidak langsung bisa membantu meningkatkan kesejahteraan keluarga melalui peran wanita.


Kata Kunci


PKK; wanita; UMK; promosi; kesejahteraan

Teks Lengkap:

Download Disini (PDF)

Referensi


Laila Septiana, "Perancangan Sistem Informasi E-Jumantik Pada Pembinaan Kesejahteraan Keluarga Berbasis Web," , Jakarta, 2015.

Surati, "Komputerisasi Program Terpadu Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) Desa Sekar Pada Badan Keluarga Berencana Dan Pemberdayaan Perempuan Pacitan," Indonesian Journal on Networking and Security, vol. 4, no. 2, pp. 57-63, April 2015.

"Pemberdayaan Masyarakat Melalui Gerakan Pemberdayaan Dan Kesejahteraan Keluarga," Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 1, 2013.

Rini Dorojati, Leslie Retno Angeningsih, and Nuraini Dwi Astuti, "Strategi Pengelolaan Kegiatan Pkk Dalam Mewujudkan Masyarakat Sejahtera Berbasis Masyarakat Wilayah Rw Di Kecamatan Kraton Dan Gondomanan Kota Yogyakarta," Jurnal Penelitian, vol. 11.

Sholiq, Pemodelan Sistem Informasi Berorientasi Objek Dengan UML.: Graha Ilmu, 2006.




DOI: https://doi.org/10.24176/sitech.v1i1.2282

Article Metrics

Sari views : 76| Download Disini (PDF) views : 75

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Statistik Pengunjung Sitech View My Stats

Indexed by:


 Kode Barcode ISSN - Jurnal SITECH
Free counters!

Creative Commons License
Sitech : Jurnal Sistem Informasi dan Technology is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: