Aplikasi Informasi Transportasi Angkutan Umum Antar Kota Pada Terminal Amplas Sumatra Utara


Abstract


Terminal merupakan tempat prasarana untuk angkutan jalan raya guna untuk mengatur kedatangan pemberangkatan pangkalannya kendaraan umum serta memuat atau menurunkan penumpang atau barang bisa dijadikan sebagai titik kumpulnya seluruh transportasi baik itu kota maupun yang dari luar kota, tak heran terminal menjadi tempat yang padat bagi orang yang hendak berpergian terutama keluar kota dan datang ke kota. Terminal Amplas merupakan salah satu terminal terpadat di provinsi Sumatra Utara, banyaknya angkutan umum membuat kepadatan itu terjadi. Oleh karena itu, banyak calon penumpang angkutan umum yang bingung dan enggan bertanya kepada pengelolah bis untuk menanyakan arah dan tujuan angkutan kota tersebut, terlebih jam keberangkatannya, jumlah mobil yang berangkat serta kesediaan bangku tempat duduk untuk calo penumpang. Dalam hal ini bertujuan agar calon penumpang dapat melihat keberangkatan bis dan tujuan kotanya, serta lebih aman dalam pemilihan kelas bis yang ingin dipakai. Calon penumpang bis yang telah memakai sebuah program akan disesuaikan secara tujuan jam dan kelas bis yang berangkat. Untuk membuatnya akan berbentuk aplikasi android, membuat data masuk dan dikonfirmasi via telephone ke masing masing penjaga loket atau toke bis, lalu transaksi pembayaran akan dilakukan saat bis berjalan atau di terminal. Setelah transaksi selesai bis berjalan maka sampainya bis ketujuan semua data akan terhapus oleh system atau pihak loket bis. Tentunya dengan demikian bahwa data yang masuk akan membuat penumpang terasa aman karena terdata jika misalanya terjadi saat perjalan insiden yang tidak kita inginkan bersama.

Keywords


Aplikasi sistem informasi; terminal amplas; sumatra utara

Teks Lengkap:

DOWNLOAD DISINI (PDF)

Referensi


Andri ,Kristanto. 2003,.Perancangan Sistem Informasi. Gava Media, Yogyakarta.

Teguh Wahyono, 2004, Sistem Informasi, Konsep Dasar, Analisis Desain dan Implementasi, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Hermawan, Stephanus, 2011, “Mudah Membuat Aplikasi Android”, Yogyakarta: Penerbit Andi.

Bahtiar Nurdin, dkk “Sistem Informasi Jadwal Sarana Transportasi Untuk Kota Semarang Berbasis Mobile Application”, Universitas Diponegoro: Penerbit google Shcolar.

M. I. P. Nasution, S. Dewi Andriana, 2016, “Jurnal Aplikasi Pembelajaran Berbasis Mobile Untuk Tuna Aksara”, Sumatra Utara : Penerbit google Shcolar .

Rahajeng Ratnaningsih, Sutariyani, 2016, “Rancang Bangun Sistem Informasi Jasa Angkutan Umum Kota Surakarta Berbasis Web”, Surakarta : Penerbit google Shcolar.

Krismadinata, dkk , 2018 “Jurnal Kontribusi Ekspektasi Kinerja, Usaha, Faktor Sosial Dan Fasilitas Terhadap Sikap Operator Sistem Informasi”, Sumatra Barat: Penerbit teknosi.fti.unand.




DOI: https://doi.org/10.24176/sitech.v1i2.2391

Article Metrics

Abstract views : 82| DOWNLOAD DISINI (PDF) views : 79

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Statistik Pengunjung Sitech View My Stats

Indexed by:


 Kode Barcode ISSN - Jurnal SITECH
Free counters!

Creative Commons License
Sitech : Jurnal Sistem Informasi dan Technology is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: