Aplikasi Tester Softlens Pada Optik Berbasis Android


Sari


Penggunaan softlens atau lensa kontak yang menjadi penunjang daya tarik atau penampilan seseorang telah menjadi trending atau gaya hidup dalam kecantikan dikalangan masyarakat. Awalnya, softlens digunakan hanya untuk orang - orang yang menderita kurang penglihatan. Softlen memiliki fungsi yang sama dengan kacamata namun lensa kontak memiliki tampilan yang tak tampak dan lebih ringan digunakan oleh konsumen karena langsung dipasang pada kornea mata. Selain itu, lensa kontak yang memiliki banyak warna dan model ini menarik perhatian konsumen untuk lebih banyak mencoba mana yang terlihat bagus dimatanya. Untuk itu, menentukan warna dan model yang cocok konsumen harus mencoba tester softlen tersebut. Mencoba tester yang tidak diketahui steril dan aman untuk digunakan cukup berbahaya bagi kesehatan mata konsumen. Menurut pendapat salah satu dokter spesialis mata di RSUD dr Soetomo terdapat 50% pasien yang mengalami gangguan mata karena lensa kontak yang terkontaminasi oleh amoeba sedangkan 1% persen dari pasien mengalami gangguan berat yang menyebabkan kebutaan permanen. Dari masalah inilah saya mendapatkan ide untuk membuat system tester softlens di Optik. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen dan metode pengembangan software yang digunakan yaitu metode waterfall. Di dalam aplikasi tester softlens ini memiliki tujuan untuk konsumen dapat mencoba tester softlens tanpa mencoba langsung di mata dan menghemat biaya untuk tester.

Kata Kunci


Softlens; optik; tester; android

Teks Lengkap:

DOWNLOAD DISINI (PDF)

Referensi


Sumarti dan Wahyu Setianingsih, 2017. Perilaku Remaja Pengguna Lensa Kontak(Softlens) Dalam Perawatan Kesehatan Mata Di SMKN 3 Kotan Blitar, diakses tanggal 06 Juli 2018.

Kent., “Konsep Sistem Informasi Manajemen”, 2008.

Muhammad Faizal dan Ratih Anggraini Putri, 2016. Pembuatan Customer Relationship Manajemen Pada Jaya Mandiri Optik Subang, diakses tanggal 06 Juli 2018

https://id.wikipedia.org/wiki/Softlens.

Jogiyanto H.M, 2004. Analisis dan Desain Sistem Informasi, Edisi Kedua,Yogyakarta,.




DOI: https://doi.org/10.24176/sitech.v1i2.2398

Article Metrics

Sari views : 94| DOWNLOAD DISINI (PDF) views : 83

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Statistik Pengunjung Sitech View My Stats

Indexed by:


 Kode Barcode ISSN - Jurnal SITECH
Free counters!

Creative Commons License
Sitech : Jurnal Sistem Informasi dan Technology is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: