Rancang Bangun Aplikasi Pemutar Lantunan Alquran Berbasis Android Menggunakan Google Speech API

Risky Pratama

Abstract


Perkembangan teknologi pada saat ini sangat maju, semakin mudah digunakan, dan semakin banyak fitur-fitur yang menarik yang muncul. Masyarakat Indonesia umumnya beragama Islam, dan kebanyakan menggunakan media smartphone baik dalam melakukan kegiatan sehari-hari maupun yang menyangkut kegiatan beribadah. Aplikasi Alquran masih menggunakan ketik dalam mencari surah atau juz yang ingin kita buka atau kita putar. Rancangan aplikasi ini membutuhkan data murottal alquran, android studio, library google speech API. Aplikasi ini bekerja dengan melakukan pengucapan suara yang akan diroses menjadi perintah yang akan langsung membuka atau memutar surah atau juz yang kita inginkan, dan juga dapat melakukan perintah berhenti dan keluar.

Keywords


Alquran; murottal; pemutar alquran; speech recognition; google speech API

Teks Lengkap:

DOWNLOAD DISINI (PDF)

Referensi


Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Khairunizam, Danuri, Jaroji, “Aplikasi Pemutar Musik Menggunakan Speech Recognition”, JURNAL INOVTEK POLBENG, vol.2, no.2, 2017

M. Fanqi Arifin, Fitri Marisa and Indra Dharma Wijaya, “Implementasi Google Speech untuk Penentuan Level Pembelajaran Iqro’ Berbasis Android”, SINTAi, vol.1, no.1, pp.16-21, 2016.

Sutarman, 2012, “Membangun Aplikasi Web dengan PHP & Mysql”,Yogyakarta, Penerbit PT. Graha Ilmu




DOI: https://doi.org/10.24176/sitech.v1i2.2399

Article Metrics

Abstract views : 84| DOWNLOAD DISINI (PDF) views : 69

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Statistik Pengunjung Sitech View My Stats

Indexed by:


 Kode Barcode ISSN - Jurnal SITECH
Free counters!

Creative Commons License
Sitech : Jurnal Sistem Informasi dan Technology is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: