Analisis Perilaku Pengguna Aplikasi Mobile Mataharimall.Com Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM)

Bryan Gerald Ferdira - [ http://orcid.org/0000-0002-7004-1049 ]
Asa Partama Nonitehe Gulo - [ http://orcid.org/0000-0001-8841-4192 ]
Yohanes Irvan Dwi Nugroho - [ http://orcid.org/0000-0002-4576-9409 ]
Johannes Fernandes Andry - [ http://orcid.org/0000-0003-0860-8953 ]

Abstract


Dalam penelitian ini, peneliti melakukan usaha yang ditujukan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi Persepsi Kebermanfaatan serta Persepsi Kemudahan Penggunaan dari model penelitian Technology Acceptance Model (TAM) terhadap pemakaian aplikasi mobile MatahariMall.com oleh pengguna yang berdampak pada tingkat Kecenderungan Penggunaan aplikasi. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa kuisioner dengan jumlah responden hingga 50 responden. Pengujian ini berdasarkan nilai Cronbach’s Alpha pada masing-masing variabel yang juga berada di atas nilai r-tabel yang mengacu pada table distribusi dengan signifikan 5% yaitu 0,279.Artinya dari hasil total 50 responden terhadap pertanyaan ini dapat dipercaya. Analisis data dilakukan dengan perangkat lunak SPSS. Hasil analisis menunjukkan bahwa masing-masing faktor yaitu Persepsi kemudahan penggunaan memiliki dampak positif terhadap persepsi kebermanfaatan. Persepsi kemudahan penggunaan dan kebermanfaatan juga memiliki dampak positif pada kecenderungan penggunaan oleh para pengguna. Dari hasil analisis dalam penelitian ini, dapat dilihat kecenderungan peningkatan penggunaan aplikasi oleh pengguna yang pernah menggunakan aplikasi tersebut.

Keywords


Technology acceptance model (TAM); behavioral intention to use; perceived usefulness; perceived ease of use

Teks Lengkap:

DOWNLOAD DISINI (PDF)

Referensi


Siregar, S., & Siregar, S. (2012). Statistika deskriptif untuk penelitian: dilengkapi dengan perhitungan manual dan aplikasi SPSS versi 17 / Syofian Siregar. https://doi.org/10.2307/1556407

Walker, R. H., & Johnson, L. W. (2006). Why consumers use and do not use technology-enabled services. Journal of Services Marketing. https://doi.org/10.1108/08876040610657057

Fitriana, M. 2009. Perkembangan dan Jumlah Pengguna Internet di Dunia. Perkembangan dan Jumlah Pengguna Internet di Dunia. //mayafitriana07.wordpress.com/2009/03/17/perkembangan-danjumlahpengguna-internet-didunia.html - diakses pada tanggal 20 November 2018

Machmud, S., & Sidharta, I. (2013). Model Kajian Pendekatan Manajemen Strategik Dalam Peningkatan Sektor UMKM di Kota Bandung Senen. Jurnal Computech & Bisnis.

O’Brien, J. A., & Marakas, G. M. (2010). Introduction to Information Systems, Fifteenth Edition. New York: McGraw-Hill/Irwin.

Sutabri, T. 2012. Konsep Sistem Informasi. Jakarta: Andi. https://doi.org/10.1093/ije/dyh177

Laudon, K., & Laudon, J. (2009). Management Information Systems: International Edition, 11/E. Pearson Higher Education.

Büttner, O. B., & Göritz, A. S. (2008). Perceived trustworthiness of online shops. Journal of Consumer Behaviour. https://doi.org/10.1002/cb.235

F. Pt and L. Pacific. 2010. PT Matahari Department Store Tbk. http://matahari.co.id/id/about. - diakses pada tanggal 20 November 2018

Davis, F. D. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly. https://doi.org/10.2307/249008

Davis, F. D., Bagozzi, R. P., & Warshaw, P. R. (1989). User Acceptance of Computer Technology: A Comparison of Two Theoretical Models. Management Science. https://doi.org/10.1287/mnsc.35.8.982

Lee, J. Y. H., & Panteli, N. (2010). Business strategic conflict in computer-mediated communication. European Journal of Information Systems. https://doi.org/10.1057/ejis.2010.4

Davis, F. D. (1993). User acceptance of information technology: system characteristics, user perceptions and behavioral impacts. International Journal of Man-Machine Studies. https://doi.org/10.1006/imms.1993.1022

Venkatesh, Morris, Davis, & Davis. (2003). User Acceptance of Information Technology: Toward a Unified View. MIS Quarterly. https://doi.org/10.2307/30036540

Wibowo, A. (2006). Kajian Tentang Perilaku Pengguna Sistem Informasi Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). Jurnal Sistem Informasi.

Warde, W. D., Scheaffer, R. L., Mendenhall, W., & Ott., L. (1987). Elementary Survey Sampling. Technometrics. https://doi.org/10.2307/1269791

Azwar, S. (1997). Reliabilitas dan validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suryabrata, Sumadi. "Metode penelitian." Jakarta: PT RajaGrafindo Persada (1998).

Matondang, Z. (2009). Validitas dan reliabilitas suatu instrumen penelitian. Jurnal Tabularasa, 6(1), 87–97.

Djaali, H., Muljono, P., & Ramly. (2000). Pengukuran dalam bidang pendidikan. Jakarta: Program Pascasarjana, Universitas Negeri Jakarta.

L. Poste, D. Mackie, G. Butler, and E. Larmond, “Laboratory Methods for Sensory Analysis of Food,” Nippon SHOKUHIN KAGAKU KOGAKU KAISHI, vol. 48, pp. 378–385, 2001.

Singh-Ackbarali, D., & Maharaj, R. (2014). Sensory Evaluation as a Tool in Determining Acceptability of Innovative Products Developed by Undergraduate Students in Food Science and Technology at The University of Trinidad and Tobago.

Rosemont. (2005). Sensory Evaluation of Dairy Product. Retrieved from http://www.innovatewithdairy.com/sitecollectionDocument/Buletin.pdf - diakses 20 November 2018

Yahyapour, N. (2008). Determining Factors Affecting Intention to Adopt Banking Recommender System; Case of Iran. Luleå University of Technology.

Jahangir, N., & Begum, N. (2013). The role of perceived usefulness, perceived ease of use, security and privacy, and customer attitude to engender customer adaptation in the context of electronic banking. African Journal of Business Management.




DOI: https://doi.org/10.24176/sitech.v1i2.2790

Article Metrics

Abstract views : 2443| DOWNLOAD DISINI (PDF) views : 1137

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Statistik Pengunjung Sitech View My Stats

Indexed by:


 Kode Barcode ISSN - Jurnal SITECH
Free counters!

Creative Commons License
Sitech : Jurnal Sistem Informasi dan Technology is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: