Perancangan Media Pembelajaran Model Game Mata Pelajaran Penjaskes Kelas V

Joko Kuswanto

Abstract


Pemanfaatan komputer sebagai media pembelajaran bisa memudahkan siswa memahami apa yang dijelaskan oleh guru serta dapat mengulangi pelajaran dimana saja dan kapan saja. Salah satu bentuk media pembelajaran tersebut berupa pemainan (game). Disamping sebagai hiburan, game juga sering difungsikan sebagai edukasi dalam pembelajaran, salah satu contohnya adalah game tebak gambar. Penelitian ini bertujuan untuk merancang media pembelajaran model games mata pelajaran penjaskes kelas V. Dengan adanya game tebak gambar, diharapkan pembelajaran di kelas tidak membosankan dan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Metode yang digunakan berupa pengembangan dengan langkah prosedur: perancangan, produksi, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Berdasarkan tahapan-tahapan yang telah dilakukan dalam pembuatan media pembelajaran game tebak gambar, media dibuat sesuai dengan materi dan silabus atau sesuai dengan kurikulum mata pelajaran penjaskes kelas V dan dapat dikatakan layak untuk diterapkan di sekolah.

Keywords


tebak gambar; pengembangan; penjaskes kelas V

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Kustandi dan Sutjipto. 2011. Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Rusman. 2013. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.

Sukirman, S. 2017. Peningkatan Atmosfer Belajar Siswa Generasi Digital Native Melalui Pembelajaran Berbasis Game, 345–351.

Andi. 2012. Beragam Desain Game Edukasi Dengan Adobe Flash CS5. Yogyakarta: Wahana Komputer.

Rahman, Ridwan Arif & Dewi Trisnawati. 2016. Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Nama Hewan dan Habitatnya Dalam 3 Bahasa Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Multimedia. Jurnal Algoritma STT-Garut, Vol. 13 No. 1 Tahun 2016 184-190.

Dewi, Fany R & Yeni Anistyasari. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Bergenre Side-Scrolling Platformer. Jurnal IT-EDU, Volume 02 Nomor 01 Tahun 2017 92-96.

Dwiyono. 2017. Pengembangan Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Penggunaan Peralatan Tangan (Hand Tools) dan Peralatan Bertenaga (Power Tools). E-Jurnal Universitas Negeri Yogyakarta, Vol 7 No 4 Tahun 2017: 343-351

Borg, W. R. & Gall, M. D. 2003. Educational research: an introduction (7th ed.). New York: Longman, Inc.

Putra, Nusa. 2011. Research & Development Penelitian dan Pengembangan: Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers.

Warsita, Bambang, 2008. Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.24176/sitech.v2i1.3315

Article Metrics

Abstract views : 229| PDF views : 189

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Statistik Pengunjung Sitech View My Stats

Indexed by:


 Kode Barcode ISSN - Jurnal SITECH
Free counters!

Creative Commons License
Sitech : Jurnal Sistem Informasi dan Technology is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: