Analisis Kinerja Sistem Pengolahan Data Berbasis Web Menggunakan IT Balanced Scorecard Sebagai Sarana Untuk Menunjang Kinerja Pegawai Pada Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sragen

Damai Yanti Nainggolan
Agustinus Fritz Wijaya

Abstract


Sistem pengolahan data adalah salah satu sistem berbasis web yang dibuat oleh BPS Pusat untuk memfasilitasi pegawai BPS Kabupaten Sragen agar dapat membantu, dan mempercepat pekerjaannya dalam hal mengolah data. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana upaya yang dilakukan oleh BPS Kabupaten Sragen dalam memanfaatkan sistem dan teknologi informasi yang ada. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dan menggunakan 4 Perspektif (Perspektif Kontribusi Perusahaan, Perspektif Orientasi Pengguna, Perspektif Penyempurnaan Operasional, dan Perspektif Orientasi Masa Depan) pada IT Balanced Scorecard untuk melihat pemanfaatan Teknologi Informasi yang dilihat dari kualitas kinerja pegawai pada BPS Kabupaten Sragen. Hasil dari penelitian ini adalah perlu adanya perbaikan pada Perspektif Orientasi Pengguna, dan Perspektif Orientasi Masa Depan terkait SDM dan juga layanan SI/TI yang digunakan untuk menunjang kinerja pegawai BPS Kabupaten Sragen.

Keywords


sistem pengolahan data; IT balanced scorecard; BPS kabupaten sragen

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Legoh, G. S., & Tambotoh, J. J. C. (2015). Analisa Kinerja Sistem Informasi / Teknologi Informasi Pada BPPT dan PM Kota Salatiga Menggunakan Kerangka IT Balanced Scorecard ISBN : 979-26-0280-1 ISBN : 979-26-0280-1. 403–407.

Wiyono, S., & Tanaamah, A. R. (2018). Analisis Kinerja SI/TI Pada PDAM Kota Salatiga Menggunakan Kerangka IT Balanced Scorecard. Jurnal Buana Informatika, 8(4), 181–192.

Molly, B., Tanaamah, A. R., & Sitokdana, M. N. N. (2017). Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 4(4), 318.

Arofah, N. (2012). Penyusunan IT balanced Scorecard untuk pengukuran kinerja divisi IT di Pertamina UPMS V surabaya. Jurnal Teknik POMITS, 1(2), 1–9.

Syarif, A. F., Basuki, P. N., & Wijaya, A. F. (2018). Analisis Kinerja Sistem Informasi pada PT. Bank Central Asia Menggunakan IT Balanced Scorecard. Jurnal Nasional Teknik Elektro Dan Teknologi Informasi (JNTETI), 7(1).




DOI: https://doi.org/10.24176/sitech.v2i1.3350

Article Metrics

Abstract views : 630| PDF views : 418

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Statistik Pengunjung Sitech View My Stats

Indexed by:


 Kode Barcode ISSN - Jurnal SITECH
Free counters!

Creative Commons License
Sitech : Jurnal Sistem Informasi dan Technology is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: