Rekayasa Kebutuhan Aplikasi Monitoring Kinerja Tenaga Penjual Produk Kredit Bank XYZ Menggunakan Model System Engineering Life Cycle

Dwi Hosanna Bangkalang
Nina Setiyawati

Abstract


Peran tenaga penjual besar bagi suatu perusahaan, oleh karena itu perlu dilakukan pengawasan terhadap kinerja tenaga penjual untuk menjaga tenaga penjual bergerak di arah yang tepat sesuai dengan yang telah direncanakan sehingga dapat dipastikan tujuan perusahaan tercapai. Untuk menjalankan fungsinya dalam menarik dan mengeluarkan uang dalam masyarakat, terutama memberikan kredit dan jasa dalam lalu lintas pembayaran dan peredaran uang, Bank memiliki tenaga penjual baik untuk produk simpanan maupun kredit, dimana tenaga penjual salah satu tugasnya adalah mencari nasabah untuk menggunakan produk tersebut, sehingga membuat tenaga penjual akan banyak turun ke lapangan. Untuk mempermudah dalam pengawasan dibutuhkan aplikasi monitoring kinerja tenaga penjual. Dalam membangun suatu aplikasi, tahapan yang esensial adalah rekayasa kebutuhan karena jika dilakukan dengan kurang baik maka pembangunan aplikasi menjadi sangat rentan. Pada paper ini disajikan proses rekayasa kebutuhan aplikasi monitoring kinerja tenaga penjual berdasarkan model System Engineering Life Cycle yaitu concept development, yang terdiri dari fase needs analysis, concept exploration, and concept definition.

Keywords


monitoring; tenaga penjual; system engineering life cycle; concept development; produk kredit

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


J. Wahlberg-Järvenkylä, "The Impact of Sales Performance Measurement in Day-to-Day Sales Work,” Master’s Thesis, International Business Management, Yrkeshögskolan Arcada, 2017.

H. Sujan, B.A. Weitz, & N. Kumar," Learning orientation, working smart, and effective selling," Journal of Marketing, vol 58, pp 39-52, 1994.

D. Rangajaran, E. Jones, & W. Chin,"Impact of sales force automation on technology related stress, effort, and technology usage among salespeople," Industrial Marketing Management, vol 34, pp 345-354, 2005.

P. H. Donassolo, & C. A. de Matos, "The predictors of sales performance: a study with wholesale sellers,"Review of Business Management, vol. 16, pp 448-465, 2014.

R. R. Mullins, M. Ahearne, S. K. Lam, Z. R. Hall,& J. P. Boichuk, "Know Your Customer: How Salesperson Perceptions of Customer Relationship Quality Form and Influence Account Profitability", Journal of Marketing, vol 78, pp 38-58, 2014.

A. Sharma, & D. M. Lambert, “How Accurate Are Salespersons’ Perceptions of Their Customers?," Industrial Marketing Management, vol 23, pp 357-365, 1994.

D. E. Hughes, & Michael Ahearne, “Energizing the Reseller’s Sales Force: The Power of Brand Identification,” Journal of Marketing, vol 74, pp 81-96, 2010.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, https://kbbi.kemdikbud.go.id/, 2016, retrieved March 13, 2019.

K. Pohl, “Requirement engineering: An overview,” Encyclopedia of Computer Science and Technology, vol 36, 1996.

Bashar Nuseibeh Steve Easterbrook, “Requirements Engineering: A Roadmap” In Proceedings of the 22nd International Conference on on Software Engineering, ICSE 2000, 2000.

SWEBOK, Guide to the Software Engineering Body of Knowledge, IEEE Computer Society, 2001.

A. Kossiakoff, W. N. Sweet, S. J. Seymour, & S. M. Biemer, Systems Engineering Principles and Practice, 2nd ed., John Wiley & Sons, Inc., New Jersey, 2011.

Ismail 2011, Akuntansi Bank: Teori dan Aplikasi dalam Rupiah, Edisi Pertama, Cetakan Kedua, Kencana, Jakarta.

Thakkar, M. dkk. 2013. “Mobile-based Technology for Monitoring & Evaluation.




DOI: https://doi.org/10.24176/sitech.v2i1.3362

Article Metrics

Abstract views : 589| PDF views : 505

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

 

JournalStories Main logo JournalStories Main logo

 

Flag Counter