Pemodelan Sistem Informasi Layanan Bimbingan Konseling Pada Perguruan Tinggi Berbasis Penilaian Kopetensi

Muhammad Arifin
Farid Noor Romadlon

Abstract


Jenis bimbingan konseling telah dilaksanakan oleh beberapa perguruan tinggi dalam bentuk informal yaitu melalui diskusi antar mahasiswa dan dosen sehingga menemukan permasalahan dan cara penyelesaian dari setiap permasalahan dari pelaksanaan bimbingan konseling. Diskusi yang dilakukan dengan dosen yang tidak memiliki kualifikasi ahli dibidang konseling memang kadang mampu memberikan solusi dalam memecahkan permasalahan yang ada, namun proses konsultasi semacam ini tidak terdokumentasi dengan baik dan tidak dapat dilakukan setiap saat. Sedangkan permasalahan mahasiswa-mahasiswi yang terjadi didalam perguruan tinggi bisa terjadi setiap saat. Model bimbingan berbeda-beda tetapi pada umumnya adalah menfasilitasi dan mempertemukan antara konselor dan konsi untuk melakukan bimbingan. Pada umumnya tempat layanan kurang memperhatikan keahlian yang dimiliki oleh konselor sehingga sering ditemukan konselor menangani permasalahan konseli yang tidak sesuai dengan keahlian konselor hal ini dapat menyebabkan kurang tepatnya konselor dalam memberikan solusi. Umumnya konseli tidak memiliki hak untuk memilih konselor yang memiliki keahlian yang sesuia dengan permasalahan mereka. Penelitian ini diharapkan mampu menghasilkan perancangan aplikasi sistem bimbingan konseling online dengan menggunakan pemodelan UML. Selain itu penelitian ini juga diharapkan mampu menghasilkan model bimbingan konseling secara online dengan memberikan fasilitas penilaian kinerja konselor dalam memberikan pelayanan terhadap konseli. Penilian ini nantinya dapat dijadikan tolok ukur tingkat kesuksesan konselor dalam menyelesaikan permasalahan konseli yang mereka hadapi.

Keywords


bimbingan konseling online; konselor; konseli

Teks Lengkap:

DOWNLOAD DISINI (PDF)

Referensi


Abdurrasyid dkk. 2017. “SISTEM E-KONSELING TERINTEGRASI WEB DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS BIMBINGAN AKADEMIK MAHASISWA” JURNAL ILMIAH FIFO, Volume IX/No.1/Mei/2017, hlm. 14-22.

Prasetiawan. H, 2017 “OPTIMALISASI MULTIMEDIA DALAM LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING” Prosiding Seminar Bimbingan dan Konseling, Vol. 1, No. 1, 2017, hlm. 199-204.

Cahyo, HWN. 2016, “BIMBINGAN KONSELING ONLINE “, Jurnal Ilmu Dakwah, Vol. 36(2) 2016 EISSN 2581-236X.

Riswandha M.. N. dan Maulidyah N. 2017. “APLIKASI E-COUNSELING DALAM PEMANFAATAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING UNTUK MENGATASI SISWA TERISOLIR MENGGUNAKAN METODE BACKWARD CHAINING (STUDI KASUS : DI SMP NEGERI 2 BANGIL)” JURNAL LINK VOL. 26/No. 1/Februari 2017, hlm. 3-18.

Prasetya, AF. 2017. “MODEL CYBERCOUNSELING : TELAAH KONSELING INDIVIDU ONLINE CHATASYNCHRONOUS BERBASIS APLIKASI ANDROID” Prosiding Seminar Bimbingan dan Konseling Vol. 1, No. 1, 2017, hlm. 31-38.

A.S Rosa dan Salahuddin M, (2011). “Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak. (Terstruktur dan Berorientasi Objek)”, Modula, Bandung.




DOI: https://doi.org/10.24176/sitech.v2i2.3406

Article Metrics

Abstract views : 168| DOWNLOAD DISINI (PDF) views : 137

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Statistik Pengunjung Sitech View My Stats

Indexed by:


 Kode Barcode ISSN - Jurnal SITECH
Free counters!

Creative Commons License
Sitech : Jurnal Sistem Informasi dan Technology is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: