Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Donor Darah Berbasis Web Pada UTD RSUD Prabumulih

Iwan Setiawan
Suhartini Suhartini

Abstract


Di era globalisasi yang modern ini sebuah Sistem informasi berbasis web sangat diperlukan bagi masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Baik dalam melakukan pekerjaan ataupun untuk mendapatkan berbagai informasi yang diperlukan. Dengan adanya sistem yang dapat membantu mempermudah pekerjaan dalam penginputan data serta sebuah sistem informasi yang membantu masyarakat untuk mendapatkan informasi yang diperlukan dengan lebih cepat dan akurat. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu Dalam melakukan penginputan data Pendonor atau donor darah, masih dilakukan secara manual yaitu menyimpan data-data donor darah di buku besar. Banyaknya data pendonor yang masih berbentuk kertas atau masih secara manual yang akan semakin menumpuk ketika data tersebut semakin bertambah. Ketika ada data pendonor yang dibutuhkan maka akan lebih sulit dalam melakukan pencarian data pendonor dikarenakan penyimpanan yang kurang baik dan dapat menghambat pekerjaan Staf UTD. Untuk itu pada kesempatan ini Peneliti membuat sebuah sistem informasi berbasis web yang dapat digunakan oleh staf UTD (Unit Transfusi Darah) RSUD Prabumulih dalam melakukan penginputan data donor darah yang tidak lagi dilakukan secara manual yaitu dengan pengisian formulir pendonor serta website yang digunakan untuk mencari informasi mengenai jadwal kegiatan donor massal atau informasi persediaan darah yang dapat membantu masyarakat umum mengetahui persediaan darah yang ada di UTD RSUD Prabumulih dengan cepat dan akurat. Pembuatan sistem informasi berbasis web ini menggunakan Adobe Dreamweaver, CCS, Bootstrap dan PHP MySQL sebagai databasenya.

Keywords


rancang bangun; sistem informasi; donor darah

Teks Lengkap:

DOWNLOAD DISINI (PDF)

Referensi


Afnillah Nur, Hindarto. Aplikasi Bank Darah Di PMI Surabaya Berbasis Website Dan Web. Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknik Universitas Muhamadiyah Sidoarjo.

Angga dini Sri Dewi. Analisis Sistem Informasi Manajemen Berbasis Komputer Dalam Proses Pengambilan Keputusan. Majalah Ilmiah UNIKOM Vol.11 No. 2.

Burrakhman Muzi, Astuti Fitri Indah,Khairina Marisa Dyna. 2016. Rancang Bangun Sistem Informasi Donor Darah Berbasis Web (Studi Kasus : Unit Kegiatan Mahasiswa KORPS Sukarela Universitas Mulawarman). Jurnal Informatika Mulawarman. Vol. 11, No 1. 1 Februari 2016.

Cahyono Tri Joko, Sukadi. 2013. Pembuatan Website Profil Dan Pelayanan Pada Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia Kabupaten Pacitan. Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika dan Komputer FTI UNSA 2013. Vol. 2, No 1, Maret 2013. ISSN: 2302-1136. seruniid.unsa.ac.id.

Mustaqbal Sidi.M, Firdaus Fajri Roeri, Rahmadi Hendra. 2015. Pengujian Aplikasi Menggunakan Black Box Testing Boundary Value Analysis. (Studi kasus: Aplikasi Prediksi Kelulusan SNMPTN). Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan. Vol 1, No 3, 10 Agustus 2015. ISSN:2407-3911.




DOI: https://doi.org/10.24176/sitech.v2i2.3577

Article Metrics

Abstract views : 268| DOWNLOAD DISINI (PDF) views : 166

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Statistik Pengunjung Sitech View My Stats

Indexed by:


 Kode Barcode ISSN - Jurnal SITECH
Free counters!

Creative Commons License
Sitech : Jurnal Sistem Informasi dan Technology is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: