Perancangan Aplikasi Bus FTI UKSW Menggunakan Barcode Berbasis Android

Daniel Ritchie Indriyanto Supatra
Radius Tanone

Abstract


FTI UKSW memiliki bus untuk mengantar mahasiswa dari kampus utama yang berada di jalan Diponegoro ke kampus FTI UKSW yang berada di jalan Gunung Payung. Banyak mahasiswa yang menggunakan bus FTI UKSW tersebut untuk berangkat ke kampus FTI UKSW. Tetapi masalahnya adalah belum tersedia aplikasi bus FTI UKSW. Perancangan aplikasi bus FTI UKSW ini dibuat untuk menjawab permasalahan tersebut, agar nantinya dapat membantu mahasiswa untuk mendapatkan informasi tentang jadwal, serta informasi pengumuman terbaru lainnya seputar bus FTI UKSW. Aplikasi bus FTI UKSW ini juga dapat membantu pihak universitas untuk mendata mahasiswa yang menggunakan bus FTI UKSW tersebut. Cara mendata mahasiswa yang menggunakan bus FTI UKSW adalah dari hasil data yang didapatkan dari mahasiswa atau penumpang bus yang sudah melakukan scan barcode saat akan naik atau menggunakan bus FTI UKSW. Karena itu perancangan aplikasi bus FTI UKSW ini menggunakan teknologi barcode (pada aplikasi ini menggunakan QR Code) dan berbasis android. Aplikasi ini juga menggunakan Firebase Realtime Database yang berfungsi sebagai database yang bisa mendapatkan data secara realtime atau waktu pada saat itu juga. Hasil pada penelitian ini adalah telah berhasil merancang aplikasi bus FTI UKSW menggunakan barcode berbasis android, sehingga aplikasi ini dapat membantu mahasiswa atau penumpang bus dan pihak universitas yang dimana sebelumnya tidak ada aplikasi bus FTI UKSW.

Keywords


firebase realtime database; qr code; android; bus FTI UKSW

Teks Lengkap:

DOWNLOAD DISINI (PDF)

Referensi


Ambika, Y.P.W. (2017). Perancangan dan Implementasi Aplikasi Monitoring Pekerjaan Karyawan PT Pura Barutama Unit Engineering dengan Library Google Mobile Vision berbasis Android. Salatiga: Jurusan Teknik Informatika Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.

Hakiky, Fifin. (2011). Pengukuran Kinerja Goodreads Application Programming Interface (API) Pada Aplikasi Mobile Android (Studi Kasus Untuk Pencarian Data Buku). Bandung: Jurusan Teknik Informatika Institut Teknologi Nasional Bandung.

Hanafi, Muhammad. (2017). Konsep Penelitian R&D Dalam Bidang Pendidikan. Banten: UIN Sultan Maulana Hassanuddin Banten.

Hasan, Fuad. (2015). Pemanfaatan QR Code Scanner Untuk Aplikasi Penampil Data Koleksi Pamer Di Museum Negeri Sonobudoyo Berbasis Android. Yogyakarta : Jurusan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan kalijaga Yogyakarta.

Jauhari, M.R. dan Subaeki, Beki. (2016). Aplikasi Info Halal Menggunakan Barcode Scanner Untuk Smartphone Android. Bandung: Jurusan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

Prayoga, Hendra. (2015). Sistem Informasi Penjualan Berbasis Android Dengan Memanfaatkan QR-Code Dan Barcode. Malang: Jurusan Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Malang.

Rahmelina, Liranti. (2017). Perancangan Mobile Learning Berbasis Android Pada Mata Kuliah Sistem Operasi Di STMIK Indonesia Padang. Padang: Jurusan Sistem Informasi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Indonesia Padang.

Sikumbang, Alexsandri. (2015). E-Tiket Bus Trans Batam Dengan Menggunakan QR - Code System Berbasis Android. Batam: Jurusan Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknik Ibnu Sina.

Sudarma, Made., Swamardika, I.B.A. (2017). Perancangan Aplikasi Sistem Informasi Medis Menggunakan Barcode Berbasis Desktop Dan Android. Bali : Jurusan Teknik Elektro dan Komputer Universitas Udayana Bali.




DOI: https://doi.org/10.24176/sitech.v2i2.3857

Article Metrics

Abstract views : 198| DOWNLOAD DISINI (PDF) views : 201

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Statistik Pengunjung Sitech View My Stats

Indexed by:


 Kode Barcode ISSN - Jurnal SITECH
Free counters!

Creative Commons License
Sitech : Jurnal Sistem Informasi dan Technology is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: