Pengembangan Game Edukasi Tentang Budaya Nusantara “Tanara” Menggunakan Unity 3D Berbasis Android

Indah Rohmawati
Sudargo Sudargo
Ika Menarianti

Abstract


Aplikasi game edukasi tentang budaya nusantara “TANARA” ini dibuat sebagai alternatif media belajar untuk mengenal kebudayaan yang ada di Indonesia bagi anak – anak khususnya siswa sekolah. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang bersumber dari Luther yang dimodifikasi oleh Sutopo, yang terdiri dari enam tahap yaitu konsep, desain, pengumpulan materi, pembuatan, pengujian dan distribusi. Aplikasi game edukasi “TANARA” dirancang dan dibuat menggunakan software corel draw untuk desain dan unity untuk pemograman hasil akhir aplikasi berbasis android dijalankan secara offline. Pengujian aplikasi yaitu dengan validasi kepada ahli media dan ahli materi dalam bentuk angket. Uji validasi ahli media dilakukan dengan menguji aspek tampilan, aspek penyajian dan aspek penggunaan. Uji validasi ahli materi menguji aspek kesesuai isi dan aspek kebahasaan. Dalam pengujian aplikasi oleh ahli media dan ahli materi memperoleh skor 93% dan hasil uji respon siswa sekolah memperoleh skor 94% dapat simpulkan bahwa aplikasi game edukasi “TANARA” sangat layak digunakan.


Keywords


budaya nusantara; game; MDLC; android; unity; corel draw; angket; TANARA

Teks Lengkap:

DOWNLOAD DISINI (PDF)

Referensi


Asmiatun, Siti. Astrid Novita Putri. 2017. Belajar membuat Game 2D dan 3D menggunakan unity. Cv Budi utama. Yogyakarta.

Defrianto, Dony, Rinta Kridalukmana, Ike Pertiwi Windasari..2015. Pengembangan Permainan Edukatif Ragam BudayaNusantara Berbasis Android. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer. Vol.3 No.3 Agustus e-ISSN: 2338-0403.(https://jtsiskom.undip.ac.id/index.php/jtsiskom/article/view/12111/11763 diakses pada 26 Juli 2019)

Dewi, Ade Riyantika, R.Rizal Isnanto, Kurniawan Teguh Martono.2015. Aplikasi Multimedia sebagai Media Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Materi Budaya di Indonesia Menggunakan Unity Engine untuk Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer. Vol.3 No.4 Agustus e-ISSN: 2338-0403. (https://jtsiskom.undip.ac.id/index.php/jtsiskom/article/download/12667/12286 diakses pada 28 Juli 2019)

Hadi, Sutrisno. 1991. Analisis Butir untuk Instrumen Angket, Tes, dan Skala Nilai. Yogyakarta: FP UGM. [5] Koentjaraningrat. 1969. Pengantar Antropologi. Jakarta: P. D Aksara.

Maulana, Yusep. 2018. Junius Membuat Mobile Edukasi Android. Garut:CV Mobidu Sinergi.

Supardi,Yuniar., Semua bisa jadi menjadi Programmer Android, Jakarta, PT Elex Media Komputindo, 2014.

Vaughan, T. (2011). Multimedia: Making It Work 8th Edition. New York: McGraw-Hill.




DOI: https://doi.org/10.24176/sitech.v2i2.3907

Article Metrics

Abstract views : 1430| DOWNLOAD DISINI (PDF) views : 997

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Statistik Pengunjung Sitech View My Stats

Indexed by:


 Kode Barcode ISSN - Jurnal SITECH
Free counters!

Creative Commons License
Sitech : Jurnal Sistem Informasi dan Technology is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: