Optimalisasi Face Rigging Pada Pembuatan Karakter Animasi 3D

Ismail Abdurrozzaq Zulkarnain
Khoiru Nurfitri
Nurwanto Nurwanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mempermudah dalam pembuatan rigging khususnya yang ada pada wajah dari sebuah karakter 3D. Pada karakter 3D khususnya karakter manusia, agar terlihat lebih nyata dan sesuai dengan manusia aslinya, maka wajah perlu diberikan struktur penulangan agar setiap komponen dari wajah tersebut dapat bergerak sesuai dengan gerakan wajah. Mimik dari sebuah wajah tentunya akan berbeda ketika karakter tersebut mendapatkan suatu ekspresi tertentu, bisa marah, sedih, senang, resah, kecewa, kaget, dan sebagainya. Antara mata, hidung, alis, mulut akan bergerak sesuai ekspresi yang dihasilkan oleh wajah tersebut. Pada film animasi atau game animasi mimik wajah sangatlah menentukan ekspresi dari suatu karakter tersebut. Sehingga dengan munculnya mimik wajah akan membuat suatu film animasi atau game animasi terlihat lebih nyata. Dengan metode research and development penelitian ini menghasilkan simulasi rigging pada wajah karakter manusia 3D sehingga didapatkan mimik wajah yang sesuai dengan aslinya. Metode pengujian pada simulasi ini adalah tingkat kemiripan dari gerakan wajah manusia asli dengan gerakan wajah karakter 3D yang telah diberi komponen rig didalamnya. Gerakan – gerakan yang dihasilkan oleh setiap ekspresi wajah merupakan hasil gerakan dari komponen wajah yang saling berhubungan.


Keywords


3 dimensi; rigging; optimalisasi.

Teks Lengkap:

DOWNLOAD DISINI (PDF)

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Soeheman, Bonnie. 2010. Membuat Sendiri Klip Animasi Multimedia. Jakarta, PT. Elex Media Komputindo

Suyanto, M, 2003. Multimedia Alat Untuk Meningkatkan keunggulam Bersaing. Yogyakarta, Andi Offset.

Arum, Nimas. 2012. Modelling dan Rigging Karakter Film Animasi 3 Dimensi Tentang Proses Pembuatan Tempe. Tugas Akhir. Jurusan Game Animasi, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang

Effendy, Heru, 2002. Mari Membuat Film panduan menjadi produser, Yogya, Panduan.

Satriawan, Aski. Apriyani, Meyti Eka. 2016. Analisis dan pembuatan rigging karakter 3d pada animasi 3d “Jangan Bohong Dong”. Jurnal Teknik Informatika Vol.9 No.1. UIN Jakarta.

Ludovic, Dutreve. Meyer, Alexander. Orvalho, Veronica. Bouakaz, Saida. 2010. Easy Rigging of Face by Automatic Registration and Transfer of Skinning Parameters. Instituto de Telecomunicacoes. Faculdade de Cincias da Universidade do Porto, Portugal.

Setiadi, 2007, Anatomi dan Fisiologi Manusia, Penerbit Graha Ilmu, Yogyakarta

Rohman, Abdur. 2013. Modelling dan Rigging Karakter untuk Film Animasi 3 Dimensi tentang Harimau Sumatera. Tugas Akhir. Jurusan Game Animasi, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang.

Djalle, Zaharuddin G., 2006, The Making of 3D Animation Movie, Penerbit Informatika, Bandung

Ioannis A. Kakadiaris; Dimitris Metaxas, 1996, Model-Based Estimation of 3D Human Motion with Occlusion Based on Active Multi-Viewpoint Selection, Department of Computer and Information Science University of Pennsylvania, Philadelphia, PA 1910




DOI: https://doi.org/10.24176/sitech.v2i2.3920

Article Metrics

Abstract views : 1100| DOWNLOAD DISINI (PDF) views : 577

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

 

JournalStories Main logo JournalStories Main logo

 

Flag Counter