Penggunaan Profile Matching Dan Framework Codeigniter Dalam Pengambilan Keputusan Penerimaan Karyawan Baru Di Loka Monitor Spektrum Frekuensi Radio Pangkalpinang

Fitriyani Fitriyani
Elly Yanuarti
Yuranda Yuranda

Abstract


Peran sumber daya manusia (SDM) di Loka Monitor Spektrum Frekuensi Radio Pangkalpinang sangat berpengaruh dalam menentukan serta menghasilkan sumber daya manusia yang dapat mendukung mutu serta kesuksesan suatu organisasi. Dalam menentukan karyawan sering terjadinya penilaian yang berdasarkan subjektifias dan nepotisme. Bila dibiarkan dalam jangka waktu yang panjang hal tersebut dapat mempengaruhi kinerja sebuah organisasi sehingga berakibat pada kegagalan organisasi dalam mencapai tujuan. Dalam hal ini penulis mengusulkan penerapan metode Profil Matching dalam pengembangan sistem penunjang keputusan sehingga karyawan diseleksi berdasarkan kriteria tes wawancara, tes tertulis, tes praktek yang terdiri dari Microsoft word dan excel dan tes keahlian. Hasil dari pengolahan data alternatif yaitu pelamar 1 dengan N.S 4.9, pelamar 2 dengan N.S 2.7, pelamar 3 dengan N.S 2.4, pelamar 4 dengan N.S 3.4, pelamar 5 dengan N.S 3.8, Sistem penunjang keputusan yang dibangun menggunakan Framework codeigniter, dengan database MySQL, hasil yang di dapat dari sistem ini adalah mempermudah bagian SDM dalam mengolah data calon karyawan baru dalam mengolah data seleksi dapat dilakukan dengan cara yang professional dan transparan serta mempermudah bagian SDM dalam menghasilkan sumber daya manusia yang dapat mendukung mutu yang baik untuk jangka waktu yang panjang.

Keywords


sistem penunjang keputusan; penerimaan karyawan baru; metode profile matching; framework codeigniter; MySQL

Teks Lengkap:

DOWNLOAD DISINI (PDF)

Referensi


[A. Dennis, B. H. Wixom dan R. M. Roth, 2012, System Analysis and Design 5th edition, New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Anhar. 2010. PHP & MySQL Secara Otodidak. Jakarta: PT TransMedia

Deny Adhar (2014), Sistem Pendukung Keputusan Pengangkatan Jabatan Karyawan pada PT.Ayn dengan Metode Profile Matching STMIK POTENSI UTAMA, Medan.

Gaol, L, Jimmy. 2008. Sistem Informasi Manajemen Pemahaman dan Aplikasi. Jakarta : Penerbit PT Grasindo.

Gunawan, Dkk, 2016, Pengembangan Spk Penerimaan Karyawan Dengan Menggunakan Profile Matching, Studi Kasus: Pt X , Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Multimedia, ISSN : 2302-3805

Hardi Zulhidayat (2016), Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Rekrutmen Pegawai Baru Pada Cv. Konsuil Pangkalan Bun Menggunakan Metode Profile Matching, Universitas Dian Nuswantoro.

Hartatik (2013), Analisis Dan Perancangan Seleksi Pemilihan Pegawai Untuk Suatu Jabatan Menggunakan Metode Profile Matching, STMIK AMIKOM Yogyakarta.

Kusrini., 2007, Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan, Andi Offset, Yogyakarta.

Nina Sherly (2013), Penerapan Metode Profile Matching Dalam Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Bonus Karyawan (Studi Kasus: Pt. Sanghyang Seri Persero), STMIK Budidarma Medan.

R. Prasetyo Agung Nugroho, Purwanto (2015), Rancangan Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Pegawai Menggunakan Metode Profile Matching, STMIK AMIKOM Yogyakarta.

Tata sutabri, 2012 Analisa Sistem Informasi, Andi Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.24176/sitech.v2i2.4016

Article Metrics

Abstract views : 130| DOWNLOAD DISINI (PDF) views : 94

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Statistik Pengunjung Sitech View My Stats

Indexed by:


 Kode Barcode ISSN - Jurnal SITECH
Free counters!

Creative Commons License
Sitech : Jurnal Sistem Informasi dan Technology is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: