Analisis Kualitas Website KYOU.ID Terhadap Kepuasan Pembeli Menggunakan Metode Importance-Perfomance Analysis

Devid Chia
Mesri Silalahi

Abstract


Kyou adalah toko yang bergerak dalam bidang penjualan figure dan merchandise yang berhubungan dengan anime, yang sekarang sudah membuka layanan penjualan secara online dengan menggunakan website yang dapat diakses di kyou.id. terdapat 3 fitur utama pada website kyou.id yang langsung berhubungan dalam proses penjualan, yaitu Pre-Order dan Back Order, Ready Stock, Unique Request. terdapat beberapa permasalahan pada website kyou.id yang peneliti anggap dapat mempengaruhi kualitas website kyou.id terhadap kepuasan dalam pembelian diantaranya: 1) kesulitan dalam pengubahan data pada website Kyou.id seperti pengubahan alamat, tempat tinggal, nomor telepon dan lain-lain. 2) Tidak adanya wishlist 3) Fitur bot chat pada Kyou.id kurang bisa menjawab pertanyaan. 4) Terdapat banyak barang yang sold out namun tetap ditampilkan. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian dengan metode Importance-performance analysis ini adalah: 1) Untuk menganalisis tingkat kualitas website kyou.id terhadap kepuasan pembeli dengan menggunakan metode importance-perfomance analysis. 2) menganalisis atribut kualitas website yang dianggap penting dalam menentukan kepuasan pembeli pada website kyou.id. Berdasarkan nilai analisis tingkat kesesuaian website kyou.id yaitu sebesar 88%, nilai tingkat kesenjangan -0.51 maka tingkat kualitas website kyou.id masih belum memuaskan, atribut- atribut yang menentukan kualitas website kyou.id terhadap kepuasan pembeli terletak pada kuadran A dan kuadran B.

Keywords


kualitas website; kepuasan pembeli; importance-performance analysis

Teks Lengkap:

DOWNLOAD DISINI (PDF)

Referensi


A. Al Baiti, Suprapto, and A. Rachmadi, “Pengukuran Kualitas Layanan Website Dinas Pendidikan Kota Malang Dengan Menggunakan Metode Webqual 4 . 0 dan IPA,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 1, no. 9, pp. 885–892, 2017.

R. Nugraha, A. Harsono, and Adianto, “Usulan Peningkatan Kualitas Pelayanan Jasa pada Bengkel ‘X’ Berdasarkan Hasil Matrix Importance-Performance Analysis* (Studi Kasus di Bengkel AHASS PD. Sumber Motor Karawang) RIZAL,” J. Online Inst. Teknol. Nas., vol. 1, no. 3, pp. 221–231, 2014.

W. Purnomo and D. Riandadari, “ANALISA KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP BENGKEL DENGAN METODE IPA ( IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS ) DI PT . ARINA PARAMA JAYA GRESIK,” JTM, vol. 03, no. 3, pp. 54–63, 2015.

W. Hardyanto, A. Adhi, and A. Purwinarko, “Usability Laman Penerimaan Mahasiswa Baru UNNES,” Sci. J. Informatics, vol. 3, no. 1, pp. 28–35, 2016.

J. O. Ong and J. Pambudi, “ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN DENGAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS DI SBU LABORATORY CIBITUNG PT SUCOFINDO (PERSERO),” JATI Undip, vol. IX, no. 1, pp. 177–193, 2014.

W. S. Fatmala, Suprapto, and A. Rachmadi, “Analisis Kualitas Layanan Website E-Commerce Berrybenka Terhadap Kepuasan Peangunjung Menggunakan Metode WebQual 4.0 dan Importance Performance Analysis (IPA),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 1, pp. 175–183, 2018.

I. Dalilah, A. Kusyanti, and A. D. Herlambang, “Evaluasi Kualitas Layanan Website PT. Kereta Api Indonesia (Persero) terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Webqual 4.0 dan Importance- Performance Analysis (IPA),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 1, pp. 288–295, 2018.




DOI: https://doi.org/10.24176/sitech.v2i2.4018

Article Metrics

Abstract views : 1095| DOWNLOAD DISINI (PDF) views : 496

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

 

JournalStories Main logo JournalStories Main logo

 

Flag Counter