Aptimas (Modul Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat)

Sari Armiati - [ https://orcid.org/0000-0001-7795-7159 ]
Supono Supono

Abstract


Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Politeknik Pos Indonesia (Poltekpos) adalah unit yang bertugas untuk mengelola tridharma dosen di perguruan tinggi yakni di bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (PkM). Untuk mengoptimalkan layanan dan proses bisnis di lingkungan Poltekpos, maka dalam penelitian ini dibangun sebuah aplikasi bernama Aptimas. Aplikasi ini menaungi 4 proses terdiri dari penelitian, PkM, publikasi dosen dan layanan HaKI. Adapun penelitian ini akan berfokus pada modul penelitian dan PkM. Aplikasi ini berbasis web yang dapat diakses oleh user terdiri dari dosen peneliti, operator, ketua LPPM, reviewer dan manajemen Poltekpos. Di dalam aplikasi yang dibangun akan disediakan fitur manajemen data master, fitur pengajuan proposal, fitur approval, fitur penilaian proposal dan penilaian monev oleh reviewer, fitur pelaporan penelitian dan fitur dashboard. Dengan dibangunnya Aptimas, diharapkan pelayanan dari LPPM semakin meningkat, track record penelitian dan PkM dapat dimonitoring serta dapat menjadi dasar indikator kinerja lembaga dan individu dosen.


Keywords


aplikasi; kinerja; pelaporan

Teks Lengkap:

DOWNLOAD DISINI (PDF)

Referensi


D. Riset, “Panduan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Edisi XII,” Jakarta Direktorat Jenderal Penguatan Ris. dan Pengembangan, Kemristekdikti, 2018.

SNPT, “Standar Nasional Pendidikan Tinggi,” Prod. Huk., 2014.

I. Widaningrum, “Perancangan Sistem Informasi Penelitian dan Pengabdian Dosen,” no. Snik, pp. 197–207, 2016.

R. Agus et al., “Sistem informasi manajemen lembaga penelitian dan pengabdian kepada masyarakat universitas islam kalimantan mab banjarmasin,” Al Ulum Sains dan Teknol., vol. 3, no. 1, pp. 62–65, 2017.

H. Hamzah, “Sistem Informasi Kegiatan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Respati Yogyakarta,” J. Nas. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 2, pp. 17–26, 2016.

T. Weilkiens, Systems engineering with SysML/UML: modeling, analysis, design. Elsevier, 2011.

D. Barnes, Understanding business: processes. Psychology Press, 2001.

S. A. White and D. Miers, BPMN modeling and reference guide: understanding and using BPMN. Future Strategies Inc., 2008.




DOI: https://doi.org/10.24176/sitech.v3i1.4235

Article Metrics

Abstract views : 694| DOWNLOAD DISINI (PDF) views : 484

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Statistik Pengunjung Sitech View My Stats

Indexed by:


 Kode Barcode ISSN - Jurnal SITECH
Free counters!

Creative Commons License
Sitech : Jurnal Sistem Informasi dan Technology is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: