Sistem Informasi Pemesanan Produk Lencana Berbasis Web


Abstract


Usaha Masyarakat Kecil dan Menengah (UMKM) Ciputra Lencana adalah suatu usaha UMKM yang bergerak dalam jasa pembuatan pin atau lencana yang digunakan untuk instansi sekolah, pemerintahan, organisasi kemasyarakatan maupun swasta. Setelah dilakukan pengamatan dilapangan ternyata terdapat permasalahan dalam hal pemesanan barang. Dimana belum digunakannya sistem informasi untuk melakukan transaksi proses pemesanan barang, pelanggan akan datang secara langsung sehingga belum dapat menghemat waktu, promosi dari produk Ciputra Lencana masih dalam pasar lokal sehingga belum dapat menjangkau daerah diluar propinsi serta pencatatan transaksi masih menggunakan secara konvensional yang dapat berakibat hilangnya dokumentasi dan lamanya proses pencarian. Dalam perancangan dan pembuatan dari sistem ini menggunakan bahasa pemrogaman PHP dan database Mysql. Dari penelitian ini dapat menghasilkan dan membangun sistem yang dapat meningkatkan aktifitas pemasaran lebih optimal, proses pencatatan yg lebih terdistribusi dan cepat dalam pencarian sekaligus membantu UMKM Ciputra dalam hal promosi produknya yang diharapkan dapat meningkatkan penjualannya.

Keywords


lencana; sistem informasi pemesanan; UMKM

Teks Lengkap:

DOWNLOAD DISINI (PDF)

Referensi


R. P. Hastanti, B. E. Purnama, and I. U. Wardati, “Sistem Penjualan Berbasis Web ( E-Commerce ) Pada Tata Distro Kabupaten Pacitan,” Bianglala Inform., vol. 3, no. 2, pp. 1–9, 2015.

R. P. Wicaksono and A. Widodo, “Sistem Informasi Persediaan Barang Berbasis Web Pada CV . Patriot Kencana Medika Kudus,” J. Sist. Inf. dan Sist. Basis Data, vol. 3, no. 1, pp. 42–50, 2020.

A. A. Rizyomi, M. C. Saputra, and W. Purnomo, “Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Barang ( Studi Kasus : PT . Trivia Nusantara ),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput. Univ. Brawijaya, vol. 2, no. 12, 2018.

A. Dennis, B. H. Wixom, and R. M. Roth, System Analysis & Design Fifth Edition, FIFTH. John Wiley & Sons, Inc., 2012.

J. L. Whitten and L. D. Bentley, Systems Analysis & Design Methods, Seventh., no. October 2013. McGraw-Hill, 2007.

K. E. Kendall and J. E. Kendall, Systems Analysis And Design, no. 1. Prentice Hall, 2006.

P. Nistala and P. Kumari, “An approach to carry out consistency analysis on requirements: Validating and tracking requirements through a configuration structure,” 2013 21st IEEE Int. Requir. Eng. Conf. RE 2013 - Proc., pp. 320–325, 2013, doi: 10.1109/RE.2013.6636737.




DOI: https://doi.org/10.24176/sitech.v3i1.5112

Article Metrics

Abstract views : 540| DOWNLOAD DISINI (PDF) views : 269

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Statistik Pengunjung Sitech View My Stats

Indexed by:


 Kode Barcode ISSN - Jurnal SITECH
Free counters!

Creative Commons License
Sitech : Jurnal Sistem Informasi dan Technology is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: