Sistem Informasi Permohonan Pengajuan Bantuan Bibit Perkebunan Pada Dinas Pertanian Dan Pangan Kabupaten Kudus

Syafira Indah Purnama Sari
Fajar Nugraha
Andy Prasetyo Utomo

Abstract


Salah satu program kegiatan yang dilaksankan oleh Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus adalah program kegiatan pengajuan bantuan bibit perkebunan yang ditujukan untuk kelompok tani yang diberikan oleh pemerintah. Bantuan bibit tersebut dapat dimanfaatkan untuk membantu petani dalam meningkatkan perekonomian petani. Dalam proses pengajuan bantuan bibit perkebunan, penyebaran informasi yang digunakan masih dilakukan secara konvensional dengan memberikan pengumuman di dinas, hal ini menjadi hambatan bagi petani untuk mencari informasi tentang bantuan bibit perkebunan yang ada di kudus, petani harus datang ke kantor Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus untuk mendapatkan informasi terkait dengan bantuan bibit yang tersedia. Dalam penelitian ini menggunakan metode pengembangan sistem Model Waterfall dan perancangannnnya menggunakan UML (Unified Modelling Languange). Hasil akhir pada penelitian ini adalah Sistem informasi pengajuan bantuan bibit perkebunan pada Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus.

Keywords


sistem informasi; pengajuan; bantuan; bibit perkebunan

Teks Lengkap:

DOWNLOAD DISINI (PDF)

Referensi


N. Aprini, "Perancangan sistem Informasi Pemasaran hasil pertanian berbasis Webdikota Pagar Alam," Jurnal Informatika Lembah Denpo, vol. 7, no. 2, pp. 13-24, 2019.

S. N. P. Nelfira, "Aplikasi Peyaluran Bibit Perkebunan Berbasis Web pada Dinas Perkebubab Kabupaten Pasaman Barat," Jurnal Informatika, vol. 6, no. 2, pp. 322-328, 2019.

I. S. Heru Saputra, "Perancangan Sistem Informasi data Bibit Pada Balai Penyuluhan Pertanian Perikanan Dan Kehutanan (BP3K) Kec. Sitinjau Laut," Journal Of Information System And Informatics Engineering, vol. 1, no. 2, pp. 77-84, 2017.

R. Pressman, Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi Buku I, Yogyakarta: Andi, 2015.

G. e. a. Booch, Object Oriented Analysis And Design With Applications, Pearson, 2019.

Jogiyanto, Analisis dan Desain Sistem Informasi, Yogyakarta:

Andi, 2005.

A. Kadir, Pengenalan Sistem Informasi, Yogyakarta: Andi, 2003.

Sholiq, Permodelan Sistem Informasi Berorientasi Obyek dengan UML, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2006.




DOI: https://doi.org/10.24176/sitech.v3i2.5823

Article Metrics

Abstract views : 136| DOWNLOAD DISINI (PDF) views : 110

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Statistik Pengunjung Sitech View My Stats

Indexed by:


 Kode Barcode ISSN - Jurnal SITECH
Free counters!

Creative Commons License
Sitech : Jurnal Sistem Informasi dan Technology is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: