Keamanan Dokumen Menggunakan Algoritma Advanced Encryption Standard (AES)

Joko Handoyo
Yulieo Muchti Subakti

Abstract


Masalah keamanan merupakan salah satu aspek penting dari sebuah sistem informasi, akan tetapi masalah keamanan seringkali mendapatkan perhatian dari pemilik dan pengelola sistem informasi. Salah satu kasus yang terjadi adalah kebocoran data pemilih di Indonesia sebanyak 2,3 juta. Data berukuran 2,36 GB yang berisi data dalam format file PDF. Untuk mengatasi masalah tersebut dapat dilakukan dengan mengamankan data dengan menggunakan konsep kriptografi. Dalam bidang kriptografi terdapat dua konsep yang sangat penting yaitu enkripsi dan deskripsi. Keamanan data diperlukan untuk mencegah informasi yang disimpan dibaca atau dibuka oleh pihak yang tidak berkepentingan. Untuk menghindari penyadapan atau pembajakan file yang berisi informasi penting bagi pengguna dan untuk menjaga integritas tersebut, maka diperlukan algoritma yang dapat melindungi file adalah Algoritma Advanced Standard Encryption (AES). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengamankan dokumen dengan menggunakan algoritma AES. File yang melalui uji enkripsi akan berubah menjadi file yang tidak dapat dibaca, file tersebut dapat kembali ke bentuk aslinya jika melalui proses dekripsi menggunakan kunci yang sama pada saat enkripsi. Dari hasil penelitian telah dibuktikan bahwa isi dari file awal yang mengalami proses enkripsi, kemudian melalui proses dekripsi, akan kembali ke file aslinya..


Keywords


keamanan; dokumen; kriptografi; advanced standard encryption (AES)

Teks Lengkap:

DOWNLOAD DISINI (PDF)

Referensi


Mukhtar, H., (2018). Kriptografi untuk Keamanan Data. Deepublish.

Sutabri, Tata. 2012. Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.

Hariyanto, B. (2009). Sistem Operasi. Bandung : Informatika.

Komputer, W., (2010). Panduan Belajar MySQL Database Server. Mediakita.

Suprianto, D., (2008). Buku Pintar pemrograman php. Bandung: OASE Media.

Ibrahim, A. A., (2017). Perancangan Pengamanan Data Menggunakan Algoritma AES (Advanced Encyption Standard). Jurnal Teknik Informatika STMIK Antar Bangsa, 3(1), 53-60.




DOI: https://doi.org/10.24176/sitech.v3i2.5865

Article Metrics

Abstract views : 1697| DOWNLOAD DISINI (PDF) views : 887

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Statistik Pengunjung Sitech View My Stats

Indexed by:


 Kode Barcode ISSN - Jurnal SITECH
Free counters!

Creative Commons License
Sitech : Jurnal Sistem Informasi dan Technology is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: