Sistem Informasi Manajemen Laboratorium Komputer (Simlab - Kom) Program Studi Pendidikan Teknologi Universitas PGRI Semarang

Yolland Aviany
Sudargo Sudargo
Ika Menarianti

Abstract


Laboratorium komputer di jurusan pendidikan teknologi informasi Universitas PGRI Semarang masih memiliki kendala serta kegiatan – kegiatan di dalamnya masih bersifat manual sehingga diperlukannya sebuah sistem untuk membantu pengelolaan laboratorium komputer di jurusan pendidikan teknologi informasi. Metode yang digunakan dalam  penelitian ini adalah metode studi pustaka, observasi dan wawancara. Data yang ada  kemudian dianalisis dengan menggunakan metode waterfall, yang mana tahapannya  meliputi: tahap Communication, Planning, Modelling, Contruction dan Deployment dengan desain sistem meliputi: Perancangan Flowchart System, DFD, ERD, DIPO, dan Perancangan Tabel. Penelitian ini kemudian diimplementasikan ke dalam bahasa pemprogaman PHP dengan menggunakan database MySQL. Pengujian aplikasi yaitu dengan validasi kepada ahli media dan ahli materi dalam bentuk angket. Pada proses pengujian yang dilakukan oleh ahli media diperoleh persentase rata-rata sebesar 88% dan masuk ke dalam kategori sangat layak, dan pada proses pengujian black box dinyatakan layak, sedangkan untuk hasil pengujian pada responden dalam hal ini adalah mahasiswa, mendapatkan persentase rata-rata sebesar 89% dan dikategorikan sangat layak.


Keywords


sistem informasi; laboratorium komputer; waterfall; PHP

Teks Lengkap:

DOWNLOAD DISINI (PDF)

Referensi


Arif Cahyo Bachtiar, R. (2018). Analisis dan Perancangan Desain Sistem Informasi Perpustakan Sekolah Berdasarkan Kebutuhan Sistem. Berkala Ilmu Perpustakaan, 14 (1).

Fuad Hasyim, A. Z. (2016). Sistem Informasi Pengecekan dan Monitoring Laboratorium Komputer di STTNJ Berbasis Android dan Web. Prosiding Sentia, 2085 - 2347.

Mara Destiningrum, Q. (2017). Sistem Informasi Penjadwalan Dokter Berbasis Web dengan Menggunakan Framework Codeigniter. Jurnal Tekoinfo, 30 - 37.

Nugroho, E. (2008). Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Andi.

Peranginan, K. (2006). Aplikasi Web dengan PHP dan MySQL. Yogyakarta: Andi Offset.

Presman, R. (2010). Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta: Andi Offset.

S., S. (2017). Metodologi Pengembangan Sistem Informasi. Jakarta: Penerbit Indeks.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan . Bandung: Alfabeta.

Susanti, N., & Moh. Arifin. (2016). Sistem Informasi Manajemen Laboratorium (SIMLAB). Majalah Ilmiah Informatika, 3.

Syahid, M. (2017). Sistem Informasi Manajemen Laboratorium Komputer SMK Matsarul HUda Paneman - Pamekasan. Jurnal Insand Comtech, 1 - 8.

Tone, K. (2017). Sistem Pengelolaan Manajemen Laboratorium Komputer Jurusan Sistem Informasi UIN Alaudin Makasar. Jurnal Instek, 121 - 129.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Research Development. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.24176/sitech.v4i2.6150

Article Metrics

Abstract views : 814| DOWNLOAD DISINI (PDF) views : 860

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Statistik Pengunjung Sitech View My Stats

Indexed by:


 Kode Barcode ISSN - Jurnal SITECH
Free counters!

Creative Commons License
Sitech : Jurnal Sistem Informasi dan Technology is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: