Sistem Informasi Manajemen Pendaftaran Skripsi Online Dengan Fitur Deteksi Plagiarisme

Noor Latifah
Syafiul Muzid

Abstract


Skripsi merupakan proses yang wajib dilalui oleh setiap mahasiswa untukmendapatkan pengakuan sebagai sarjana. Semakin banyak mahasiswa maka semakin banyak judul skripsi yang akan diusulkan oleh mahasiswa untuk dikerjakan. Hal ini memicu terjadinya kemiripan judul (plagiat) dari skripsi yang diusulkan oleh mahasiswa. Oleh karena itu dibutuhkan sistem informasi untuk mengelola pendaftaran usulan skripsi sampai proses sidang skripsi. Saat ini Prodi Sistem Informasi UMK telah menggunakan fasilitas deteksi plagiarisme Turnitin namun aplikasi tersebut terpisah dengan proses pengelolaan skripsi di Prodi Sistem Informasi UMK. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, dikembangkan sebuah sistem informasi manajemen skripsi yang terintegrasi dengan fitur deteksi plagiarism dari judul serta konten skripsi yang diusulkan oleh mahasiswa yang bisa digunakan untuk semua program studi yang ada di UMK. Penelitian yang dilakukan ini menghasilkan aplikasi system informasi yang digunakan mengelola proses pendaftaran skripsi dan deteksi plagiarism dan publikasi jurnal ilmiah.


Keywords


skripsi; plagiat; deteksi plagiarisme; sistem informasi skripsi

Teks Lengkap:

DOWNLOAD DISINI (PDF)

Referensi


D. Mawarni, "Sistem Informasi VAlidasi Proposal Penelitian pada Program Studi Sistem Informasi Universitas Komputer Indonesia," Bandung, 2015.

D. Wicaksono, M. Irawan and A. Rukmi, "Sistem Deteksi Kemiripan Antar Dokumen Teks Menggunakan Model BAyesian Pada Term Latent Semantic Analysi (LSA)," Jurnal Sains dan Seni POMITS , vol. 3, no. 2, 2014.

K. Sekarwati, L. Banowosari, I. Wiryana and D. Kerami, "Pengukuran Kemiripan Dokumen Dengan Menggunakan Tools Gensim," in Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi (SNST) Fakultas Teknik Universitas Wahid Hasyim, Semarang, 2015.

E. Oktalina, Tudesman, Tinaliah and Yoannita, "Sistem Deteksi Plagiarisme DOkumen Bahasa Indonesia menggunakan Metode Vector Space Model," Palembang, 2014.

R. Pressman, Software Engineering :Practical Approach, Wembley-Hills, New York, 2002.




DOI: https://doi.org/10.24176/sitech.v4i1.6235

Article Metrics

Abstract views : 56| DOWNLOAD DISINI (PDF) views : 50

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Statistik Pengunjung Sitech View My Stats

Indexed by:


 Kode Barcode ISSN - Jurnal SITECH
Free counters!

Creative Commons License
Sitech : Jurnal Sistem Informasi dan Technology is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: