Sistem Informasi Penyaluran Bantuan Pupuk Bersubsidi Pada Dinas Pertanian Dan Pangan Kabupaten Rembang Berbasis Web

Ida Siti Marfuah
Yudie Irawan

Abstract


Pemberian bantuan pupuk bersubsidi telah menjadi program pemerintah sejak tahun 2003 yang berlaku secara nasional. Namun dibeberapa daerah pelaksanaannya masih mengalami banyak kendala, seperti halnya yang terjadi di wilayah Kabupaten Rembang. Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Rembang telah memanfaatkan komputer sebagai alat bantu untuk mengelola proses pendistribusian pupuk bersubsidi mulai dari penyediaan, pengawasan dan proses penyalurannya. Namun prosesnya masih dirasa menemui banyak kendala baik dari pihak petani maupun pihak petugas, karena sebagian besar kegiatannya masih dicatat dalam buku dan kertas. Sedangkan aplikasi Ms. Excel digunakan hanya sebatas pendataan petani tanpa konsep manajemen database yang baik yang pada akhirnya menyulitkan petugas saat melakukan pemeriksaan, pencarian dan dalam pembuatan laporan. Proses ini mengakibatkan pencatatan berulang data yang sama dan berpotensi tidak akurat lagi sehingga tidak dapat dijadikan dasar untuk pengambilan keputusan oleh pimpinan. Penelitian ini menawarkan solusi dengan cara pengembangan sistem informasi yang diharapkan mampu meningkatkan mengelola proses penyaluran pupuk bersubsidi. Metode pengembangan sistem mengacu pada model Waterfall dengan pendekatan metodologi berorientasi objek. Perangkat perancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Unified Modelling Language(UML). Hasil dari penelitian ini adalah Sistem Informasi Penyaluran Bantuan Pupuk Bersubsidi Pada Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Rembang berbasis Web.

Keywords


sistem informasi; penyaluran; pupuk bersubsidi

Teks Lengkap:

DOWNLOAD DISINI (PDF)

Referensi


BAPPEDA Kab. Rembang. (2018). Review RPIJM Bidang Cipta Karya Kabupaten Rembang Tahun 2018 - 2022, Rembang: Pemda Kabupaten Rembang.

Ragiman, Makmun, and Setiawan, S., 2020. "Strategi Penyaluran Pupuk Bersubsidi di Indonesia," Jurnal Ilmiah M-Progress, vol. X, no. 1, pp. 69-89, Januari.

Sari,M., (2017). "Sistem Pengolahan Data Kelompok TAni Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar," Technologia, vol. 8, no. 3, pp. 171-176, Juli - September.

Sriwinarti, N.K.,and Faesal, A., (2016). "Sistem Informasi Distribusi Pupuk Bersubsidi Pada Kecamatan Gerung Lombok Barat," Jurnal Matrik, vol. XV, no. 1, pp. 1-5, 2016.

Pressman, R.S.(2005). Software Engineering A Practitioner's Approach, Sixth Edition., New York: McGraw-Hill Companies, Inc.

Jogiyanto. (2005). Analisis dan Desain Sistem Informasi : Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis, Edisi III ed., Yogyakarta: CV Andy Offset.

Kendall, E. Kenneth, and Kendall, Julie E. (2006). System Analysis And Design, 8th Edition., New Jersey: Prentice Hall.

Ladjamudin,Al Bahra bin. (2006). Rekayasa Perangkat Lunak, Edisi Pertama ed., Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.24176/sitech.v4i1.6253

Article Metrics

Abstract views : 88| DOWNLOAD DISINI (PDF) views : 97

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Statistik Pengunjung Sitech View My Stats

Indexed by:


 Kode Barcode ISSN - Jurnal SITECH
Free counters!

Creative Commons License
Sitech : Jurnal Sistem Informasi dan Technology is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: