Implementasi Algoritma C5.0 Untuk Menentukan Pelanggan Potensial Di Kantor Pos Cimahi

Nisa Hanum Harani - [ http://orcid.org/0000-0003-2218-4165 ]
Fanny Shafira Damayanti

Abstract


Saat ini banyak perusahaan swasta yang bergerak di bidang jasa pengiriman yang mengakibatkan banyaknya pesaing bagi Kantor Pos Cimahi dan dapat mengakibatkan penurunan jumlah pelanggan yang menggunakan jasa Kantor Pos Cimahi. Oleh karena itu, diperlukan suatu sistem untuk membantu Kantor Pos Cimahi dalam mengidentifikasi calon pelanggan, sehingga dapat diketahui calon pelanggan mana yang dapat memperoleh perlakuan khusus, sehingga pelanggan tersebut dapat terus menggunakan jasa Kantor Pos Cimahi. Sistem yang dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dan metode Algoritma C 5.0 yang merupakan salah satu algoritma pohon keputusan yang dapat membantu untuk menentukan pelanggan potensial. Penelitian menggunakan data transaksi periode bulan januari – oktober 2020 dimana atribut yang digunakan yaitu bulan, nama perusahaan, jenis kiriman yang digunakan, jumlah transaksi selama sebulan, dan total uang. Hasil penelitian menunjukan bahwa algoritma C 5.0 mampu melakukan menentukan data pelanggan potensial dengan akurasi sebesar 96%.


Keywords


kantor pos cimahi; pohon keputusan; PHP; algoritma C 5.0

Teks Lengkap:

DOWNLOAD DISINI (PDF)

Referensi


K. Baindra, “BAGIAN SENTRAL LAYANAN PELANGGAN KORPORAT ( SLPK ) PADA PT POS INDONESIA ( PERSERO ) SURAKARTA Disusun Oleh : Khery Baindra S PROGRAM STUDI DIII MANAJEMEN PEMASARAN,” 2014.

A. Khandare and A. S. Alvi, “Efficient Clustering Algorithm with Improved Clusters Quality,” Iosr-Jce, vol. 18, no. 6, pp. 15–19, 2016, doi: 10.9790/0661-1806051519.

Y. S. Nugroho, “Klasifikasi dan Klastering Penjurusan Siswa SMA Negeri 3 Boyolali,” Khazanah Inform. J. Ilmu Komput. dan Inform., vol. 1, no. 1, p. 1, 2015, doi: 10.23917/khif.v1i1.1175.

M. A. Ghofar and Y. I. Kurniawan, “APLIKASI PENGELOMPOKAN PELANGGAN PADA UMS STORE MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEANS , Program Studi Informatika , Fakultas Komunikasi dan Informatika,” vol. 4, no. 1, 2018.

Y. Yusuf, “Perbandingan Performansi Algoritma Decision Tree C5 . 0 , Cart ,” Seminar, vol. 2007, no. Snati, pp. 0–3, 2007.

P. W. Kastawan, D. M. Wiharta, and M. Sudarma, “Implementasi Algoritma C5.0 pada Penilaian Kinerja Pegawai Negeri Sipil,” Maj. Ilm. Teknol. Elektro, vol. 17, no. 3, p. 371, 2018, doi: 10.24843/mite.2018.v17i03.p11.

D. Ayu Wahyuning Dewi and I. Cholissodin, “Klasifikasi Penyimpangan Tumbuh Kembang Anak Menggunakan Algoritme C5.0,” vol. 3, no. 10, pp. 10258–10265, 2019, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id.

S. Moedjiono, Y. R. Isak, and A. Kusdaryono, “Customer loyalty prediction in multimedia Service Provider Company with K-Means segmentation and C4.5 algorithm,” 2016 Int. Conf. Informatics Comput. ICIC 2016, no. Icic, pp. 210–215, 2017, doi: 10.1109/IAC.2016.7905717.

R. Pratiwi, M. N. Hayati, and S. Prangga, “Perbandingan Klasifikasi Algoritma C5.0 Dengan Classification and Regression Tree (Studi Kasus : Data Sosial Kepala Keluarga Masyarakat Desa Teluk Baru Kecamatan Muara Ancalong Tahun 2019),” BAREKENG J. Ilmu Mat. dan Terap., vol. 14, no. 2, pp. 273–284, 2020, doi: 10.30598/barekengvol14iss2pp273-284.




DOI: https://doi.org/10.24176/sitech.v4i1.6281

Article Metrics

Abstract views : 670| DOWNLOAD DISINI (PDF) views : 1231

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Statistik Pengunjung Sitech View My Stats

Indexed by:


 Kode Barcode ISSN - Jurnal SITECH
Free counters!

Creative Commons License
Sitech : Jurnal Sistem Informasi dan Technology is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: