Sistem Informasi Layanan Bimbingan Belajar Berbasis Web (Studi Kasus : Bimbel Nabila)

Abdul Hafid Alaudin - [ https://orcid.org/0000-0002-0330-200X ]
Andy Prasetyo Utomo
Supriyono Supriyono

Abstract


Lembaga bimbingan belajar non formal di Kota Kudus sudah sangat banyak, salah satunya pada lembaga bimbingan belajar Nabila. Lembaga bimbingan belajar ini dikelola secara pribadi oleh Bapak Bijanto S.Pd yang berdiri sejak tanggal 20 Mei 2009. Lokasi dari Bimbel Nabila sendiri berada di Jl. Suryo kusumo No.1 (Depan Pasar Brayung) Desa Kesambi Kecamatan, Mejobo Kabupaten Kudus. Metode yang diterapkan pada bimbel nabila adalah metode tatap muka dengan pengkategorian bimbel secara kelompok terdiri dari 1 guru pengajar (tentor) dan kelompok belajar yang beranggotakan maksimal 12 orang siswa / siswi dan secara privat. Kendala yang ada pada bimbel Nabila antara lain: pendaftaranya masih bersifat secara langsung, penjadwalan sering terjadi permasalahan, metode pembelajaranya masih menggunakan media tatap muka, hambatan dalam pembelajaran secara tatap muka antara lain: dalam penyampaian materi, belum semua siswa memahami materi yang di sampaikan tutor, Dalam evaluasi materi juga masih belum efektif, Dalam pembahasan pekerjaan rumah siswa masih belum efektif. Berdasarkan masalah pada lembaga pendidikan non-formal Nabila maka diterapkan “Sistem Informasi Layanan Bimbingan Belajar Berbasis Web (Studi Kasus Bimbel Nabila)” dengan tujuan untuk mempermudah guru dan siswa dalam kegiatan belajar mengajar.


Keywords


sistem informasi; layanan: bimbel; web

Teks Lengkap:

DOWNLOAD DISINI (PDF)

Referensi


Nugraha, F., Utomo P. A., Fihtri L. D. (2020). Penerapan aplikasi cloud e-learning di SMA PGRI Kudus. 02(01), 1–8.

Hartono, S. S. J. & H. (2019). Perancangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Android (Studi Kasus : Bimbingan Belajar Blessing). 4(2502).

Intra-tech, J., Ayu, F., Sholeha, W., & Informatika, M. (2019). Rancang bangun sistem informasi penjadwalan mata pelajaran berbasis web pada smart center pekanbaru. 3(1).

Hidayat, M. K., & Fatmawati, S. F. (2020). Rancang Bangun Sistem Informasi Akademik Bimbingan Belajar (SIBIJAR). J I M P - Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, 4(3), 12–17.




DOI: https://doi.org/10.24176/sitech.v4i1.6331

Article Metrics

Abstract views : 94| DOWNLOAD DISINI (PDF) views : 89

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Statistik Pengunjung Sitech View My Stats

Indexed by:


 Kode Barcode ISSN - Jurnal SITECH
Free counters!

Creative Commons License
Sitech : Jurnal Sistem Informasi dan Technology is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: