Otomasi Manajemen Pelayanan Surat Keterangan Desa Muktiharjo Berbasis Web

Diana Laily Fithri
Moh. Rizal Alfi Na'im

Abstract


Struktur pemerintahan yang ada di Desa Muktiharjo Kabupaten Pati mempunyai Struktur pemerintahan yang terdiri dari Kepala Desa, Badan Permusyawaratan Desa, Sekretaris Desa, Kepala Urusan Pemerintah, Kepala Urusan Pembangunan, Kepala Urusan Kesejahteraan Rakyat, Kepala Urusan Keuangan, Kepala Urusan Umum, Kepala Dusun, dan Administrasi Desa. Salah satu tugas dari Kepala Urusan Umum yaitu memberikan pelayanan dalam hal pembuatan surat keterangan di Balai Desa Muktiharjo bagi warga Desa Muktiharjo. Desa Muktiharjo memiliki banyak kendala dalam pelayanan surat menyurat , yaitu Kaur Umum harus mengetik isi surat secara manual. Hal ini bisa menghambat kinerja pelayanan surat keterangan di balai Desa Muktiharjo dan menyebabkan penumpukan antrian warga yang akan membuat surat keterangan. Selain itu, pengarsipan yang masih manual menggunakan buku menjadi masalah tersendiri. Pengarsipan secara manual dengan buku beresiko terjadi kehilangan data, misalnya apabila terjadi kebakaran, buku terselip, hilang dsb. Berdasarkan permasalahan tersebut, dari beberapa permasalahan di Pemerintah Desa Muktiharjo memerlukan solusi suatu sistem untuk otomasi dalam pelayanan untuk surat menyurat agar pelayanan di Desa Muktiharjo semakin baik dan cepat serta dalam mengarsipkan surat tersebut secara digital di Desa Muktiharjo.


Keywords


sistem; informasi; otomasi; pelayanan; surat; keterangan

Teks Lengkap:

DOWNLOAD DISINI (PDF)

Referensi


Abdullah, Dahlan. 2017. Merancang Aplikasi Perpustakaan Menggunakan SDLC. Lhokseumawe : Sefa Bumi Persada.

Alfianti, Henny dan Aris Haris Rismayana. 2020. “Sistem Administrasi Pelayanan Surat Mahasiswa Berbasis Web Dan Mobile Android”. Jurnal Infotekmesin, Vol.11 , No.02 : 94-101.

Sukrianto, Darmanta. 2017. “Penerapan Teknologi Barcode Pada Pengolahan Data Pembayaran Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP)”. Jurnal Intra-Tech, Vol. 1, No.2 : 18-27.

Unhelkar, Bhuvan. 2018. Software Engineering with UML. Boca Raton : CRC Press.

Winarna, Tio Renndy, Ismiarta Aknuranda dan Mochamad Chandra Saputra. 2018. “Pengembangan Sistem Informasi Pelayanan Surat Keterangan Studi Kasus: Pemerintah Desa Legundi Kecamatan Karangjati Kabupaten Ngawi”. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, Vol. 2, No. 12 : 6235-6243.

Zainudin, Arif. 2016. “Model Kelembagaan Pemerintahan Desa”. Jurnal Ilmu Pemerintahan : Kajian Ilmu Pemerintahan dan Politik Daerah, Vol.1 , No.2 : 338-351.




DOI: https://doi.org/10.24176/sitech.v4i1.6332

Article Metrics

Abstract views : 47| DOWNLOAD DISINI (PDF) views : 54

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Statistik Pengunjung Sitech View My Stats

Indexed by:


 Kode Barcode ISSN - Jurnal SITECH
Free counters!

Creative Commons License
Sitech : Jurnal Sistem Informasi dan Technology is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: