Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Berbasis E-Commerce Pada Toko Zahra Collection

Solikhatun Solikhatun
Sudargo Sudargo
Ika Menarianti

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh penjualan pada Toko Zahra Collection yang masih menggunakan sistem secara manual. Teknologi yang saat ini berkembang dapat dimanfaatkan untuk membantu penginputan data dan pengelolaan data. Maka dibuat Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Berbasis E-Commerce pada Toko Zahra Collection yang berguna untuk membantu penjualan dengan jangkauan yang luas. Tujuan dari penelitian ini adalah memperluas jangkauan promosi penjualan, memudahkan penjual untuk melakukan promosi secara online melalui website Toko Zahra Collection, penjual lebih mudah membuat laporan review penjualan, memudahkan komunikasi antara penjual dan pembeli. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode waterfall, yang terdiri dari communication, planning, modeling, construction, dan deployment. Desain sistem meliputi pembuatan flowchart, context diagram, data flow diagram, entitas relationship diagram, hireracy plus input process output, design input process output dan logical record structure. Kemudian diimplementasikan dengan bahasa pemrograman PHP dengan menggunakan database MySQL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian validasi ahli dengan menggunakan skala likert didapatkan hasil rata-rata peresentase oleh dua validator ahli materi sebesar 85% dan dua validator ahli media sebesar 85% sehingga dapat dinyatakan “sangat layak” digunakan. Kemudian hasil penilaian dari 15 responden dengan menggunakan skala likert memperoleh hasil sebesar 85% yang dinyatakan “sangat layak” digunakan.

Keywords


c-commerce; sistem informasi; waterfall

Teks Lengkap:

DOWNLOAD DISINI (PDF)

Referensi


Budiaji, W. (2013). Skala Pengukuran Dan Jumlah Respon Skala Likert. Jurnal Ilmu Pertanian dan Perikanan, 2, 127-133.

Dadan Zaliluddin, R. (2018). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web (Studi Kasus Pada Newbiestore). Infotech journal, 4, 24-27.

Destiningrum, M. (2017). Sistem Informasi Penjadwalan Dokter Berbassis Web Dengan Menggunakan Framework Codeigniter (Studi Kasus: Rumah Sakit Yukum Medical Centre). Jurnal Teknoinfo, 11, 30-37.

Handayani, S. (2018, Agustus). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis E-Commerce Studi Kasus Toko Kun Jakarta. Ilkom Jurnal Ilmiah, 182-189.

Haryanti, S. (2011). Rancang Bangun Sistem Informasi E-Commerce Untuk Usaha Fashion Studi Kasus Omah Mode Kudus. Journal Speed – Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 3, 8-14.

Haryanti, S. (2011). Rancang Bangun Sistem Informasi E-Commerce Untuk Usaha Fashion Studi Kasus Omah Mode Kudus. Journal Speed – Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 3, 8-14.

Irianto, S. H. (t.thn.). Rancang Bangun Sistem Informasi E-Commerce Untuk Usaha Fashion Studi Kasus Omah Mode Kudus .

Kadir, A. (2014). Pengenalan Sistem Informasi Edisi Revisi. ANDI Yogyakarta.

Maryuliana. (2016). Sistem Informasi Angket Pengukuran Skala Kebutuhan Materi Pembelajaran Tambahan Sebagai Pendukung Pengambilan Keputusan Di Sekolah Menengah Atas Menggunakan Skala Likert. Jurnal Transistor Elektro dan Informatika, 1, 1-12.

Masitah, A. I. (2018). E-Commerce Penjualan Pakaian Pada Lapak Mariati Berbasis Web. Jurnal Intra-Tech, 2, 1-11.




DOI: https://doi.org/10.24176/sitech.v4i2.6403

Article Metrics

Abstract views : 942| DOWNLOAD DISINI (PDF) views : 447

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

 

JournalStories Main logo JournalStories Main logo

 

Flag Counter