Sistem Informasi Akuntansi Perusahaan Dagang Berbasis Web Pada Toko Norkayati

Muhamad Sholikhudin
Andy Prasetyo Utomo
Yudie Irawan

Abstract


Dari proses bisnis yang ditemukan pada usaha dagang Norkayati, banyak dijumpai proses pembuatan laporan keuangan dan transaksi yang mengalami kendala karena tidak diatur dengan baik, terlebih lagi tidak ada metode pencatatan keuangan yang diterapkan sehingga membuat pemilik tidak dapat memperkirakan kondisi keuangan, apakah memberikan keuntungan atau justru sebenarnya mengalami kerugian. Pengelolaan keuangan dilakukan secara manual yang tercermin dari pencatatan transaksi penjualan pada sebuah buku Bendahara sesuai dengan transaksi yang terjadi di Kasir. Demikian juga dengan transaksi pembelian, pencatatan dilakukan pada buku Bendahara juga. Pencatatan dilakukan setelah bendahara melakukan pembayaran pembelian barang, jika mengalami kekurangan maka kekurangannya dilunasi oleh pemilik toko dari dana pribadinya, bukan dari siklus dana transaksi. Hal ini terjadi secara terus menerus sehingga dapat dibayangkan sulitnya membuat laporan keuangan dengan membaca laporan keuangan yang berlembar – lembar. Selain itu, pihak pemilik toko juga akan sulit untuk mengetahui dengan pasti berapa jumlah modal yang telah dikeluarkan, yang pada akhirnya akan berpengaruh pada perhitungan keuntungan dan sehat atau tidaknya sebuah usaha perdagangan. Apabila terdapat pengelolaan keuangan yang lebih baik, maka pemilik toko akan lebih mudah menentukan alokasi keuangan yang tepat dalam rangka pengembangan usahanya. Berdasarkan permasalahan yang dijelaskan, maka peneliti ingin memberikan solusi dengan membuat Sistem Akuntansi pada Usaha Dagang Norkayati berbasis Web, dengan harapan mempermudah pengelolaan keuangan secara lebih rapi dan tersistem dan mengembangkan usaha dagangnya.


Keywords


laporan; akuntansi; keuangan; usaha; perdagangan

Teks Lengkap:

DOWNLOAD DISINI (PDF)

Referensi


Kemenkeu, "UMKM Bangkit, Ekonomi Indonesia Terungkit," 2020. [Online]. Available: https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/13317/ UMKM- Bangkit- Ekonomi-. [Accessed 7 7 2021].

A. Suhartanto and R. Pamungkas, "Implementasi Sistem Informasi Dalam Perbaikan Kualitas Laporan Keuangan," Journal of Computer, Information System, & Technology Management, vol. 1, no. 2, pp. 46-49, 2018,.

B. Chandra and H. Poerbo, "Sistem Informasi Akuntansi Berbasis Web Pada Perusahaan Jasa Tenaga Kerja," Kurawal, pp. 139-156, 2019.

E. T. S. S. &. B. D. Rahmawati, "Implementasi Penggunaan Sistem Informasi," Cahaya Aktiva, p. 63–77, 2019.

A. B. b. Ladjamudin, Rekayasa Perangkat Lunak, Edisi Pertama ed., Yogyakarta: Graha Ilmu, 2006.

R. A. Sukamto and M. Shalahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek, Bandung: Informatika, 2014.

N. E. Prastika and D. E. Purnomo, "Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Kinerja Perusahaan Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Kota Pekalongan," JURNAL LITBANG KOTA PEKALONGAN, 2019.

R. S. Pressman, Software Engineering A Practitioner's Approach, Sixth Edition ed., New York: McGraw-Hill Companies, Inc, 2005.




DOI: https://doi.org/10.24176/sitech.v4i2.6545

Article Metrics

Abstract views : 981| DOWNLOAD DISINI (PDF) views : 503

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Statistik Pengunjung Sitech View My Stats

Indexed by:


 Kode Barcode ISSN - Jurnal SITECH
Free counters!

Creative Commons License
Sitech : Jurnal Sistem Informasi dan Technology is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: