Aplikasi Bengkel Reparasi Mobil Classic Berbasis Web (Studi Kasus : PT. Ramayana Mobil)

Namud Namud
Hidayatullah Hidayatullah
Rizki Anto
Ardiansyah Dores

Abstract


Bengkel mobil adalah suatu badan usaha yang bergerak dalam jasa perawatan dan perbaikan kenderaan bermotor (otomotif) yaitu mobil. Perbaikan yang dilakukan oleh bengkel mobil adalah perbaikan body dan sassis, mesin, sistem elektrik, onderstel, pengecatan dan pengelasan mobil. Dalam proses melayani pelanggan yang datang untuk memperbaiki atau mengambil mobilnya mengalami berbagai kendala dalam melakukan transaksi. Transaksi tersebut terkadang tidak berjalan sesuai rencana sehingga menyebabkan berbagai keluhan dari pelanggan. Keluhan pelanggan yang terjadi misalnya pencatatan data pelanggan dan pembayaran sebuah transaksi masih dilakukan dengan menggunakan pencatatan-pencatatan didalam sebuah buku yang dapat menyebabkan proses transaksi menjadi lambat. Untuk mengatasi masalah tersebut bengkel mobil harus memiliki sistem komputerisasi yang efesien dan efektif yaitu dengan merancang sistem informasi yang khusus mengatur masalah laporan data perawatan dan perbaikan mobil ini.Sistem informasi ini dibangun dengan mengunakan perangkat lunak apache web, database MYSQL, dan macromedia dreamweaver. Sistem informasi ini dapat di akses dimana saja dan kapan saja dalam menyajikan informasi yang cepat dan akurat yang dibutuhkan oleh pelanggan. Informasi-informasi yang dibutuhkan pelanggan tersebut seperti jadwal perawatan mobil, jadwal pengambilan, dan rincian pembayaran. Sehingga dengan adanya sistem ini bengkel mobil dapat menyelesaikan masalah tersebut dan dapat meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan.


Keywords


mobil; bengkel perbaikan; sistem informasi

Teks Lengkap:

DOWNLOAD DISINI (PDF)

Referensi


Y. Y. Welim, T. Wishnuadji And R. Firmansyah, "Jurnal Simetris," Pengembangan Sistem Informasi Service Kendaraan Pada Bengkel Kfmp, Vol. 6, No. 10, P. 2, 2015.

R. F. Nugroho, T. A. Riza And Y. S. Hariyani, "Perancangan Dan Implementasi Sistem Reservasi Servis," In Applied Science, 2016.

M. Audrilia And A. Budiman , "Perancangan Sistem Informasi Manajemen Bengkel Berbasis Web (Studi Kasus: Bengkel Anugrah)," Jurnal Madani: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Humaniora, Vol. 3, No. 2615-1995, Pp. 1-12, 2020.

I. Mahendra And D. T. E. Yanto, "Agile Development Methods Dalam Pengembangan Sistem Informasi Pengajuan Kredit Berbasis Web," Jurnal Teknologi Dan Open Source Issn Online : 2622-1659, Vol. 1, No. 2622-1659, Pp. 1-12, 2018.

I. Indrawati, P. L. L. Belluano, H. Harlinda And F. A. R. Tuasamu, "Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Perpustakaan Menggunakan Pieces Framework," Ilkom Jurnal Ilmiah Volume 11 Nomor 2 Agustus 2019, Vol. 11, No. 2087-1716, Pp. 3-11, 2019.

I. Oktaviani, S. Sumarlinda And P. Widyaningsih, "Penerapan Metode Pieces Pada Analisis Sistem Informasi Manajemen Apotek," Infokes, Vol 11 No 1, Februari 2021, Vol. 11, No. 2086 - 2628, P. 2, 2021.

D. Mediana And A. I. Nurhidayat, "Rancang Bangun Aplikasi Helpdesk (A-Desk) Berbasis Web Menggunakan Framework Laravel (Studi Kasus Di Pdam Surya Sembada Kota Surabaya)," Jurnal Manajemen Informatika. Volume 8 Nomor 02 Tahun 2018, 75-81, Vol. 8, No. 75-81, P. 2, 2018.

W. N. Cholifah, Y. And S. M. Sagita, "Pengujian Black Box Testing Pada Aplikasi Action & Strategy Berbasis Android Dengan Teknologi Phonegap," Jurnal String Vol. 3 No.2 Desember 2018, Vol. 3, No. 2527 - 9661, P. 207, 2018.

H. Kurniawan, "Perancangan Sistem Informasi Bengkel Mobil Berbasis Web," Konferensi Nasional Sistem & Informatika 2015, No. 6, P. 636, 2015.

A. Supriana And A. Ratnasari, "Analisa Dan Perancangan Sistem Infromasi Servis Mobil Dan Penyediaan Mekanik Pada Sony Otomotif," Jukomika, Vol. 2, No. 6, Pp. 223-231, 2019.

Satria, "Sistem Informasi Pelayanan Administrasi Service Mobil Berbasis Website Pt. Karya Murni Sentosa," Jurnal Cendikia | Cendikia 2019 P-Issn:0216-9436, Vol. 18, Pp. 1-6, 2019.

S. K. Isnain And P. D. Karningsih, "Perancangan Perbaikan Proses Produksi Komponen Bodi Mobil Daihatsu Dengan Lean Manufacturing Di Pt. “Xyz”," Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, Vol. 3, Pp. 144-156, 2016.

M. Aries, H. Rarindo, Y. A. Winoo And S. Adiwidodo, "Analisis Penjualan Spare Part Mobil Dengan Metode Abc (Konsep 80-20) Pada Gudang Suku Cadang Di Bengkel Pt. Astra Internasional Tbk. Auto2000 Pasuruan," Ilmiah Teknologi Fst Undana Vol. 14, No. 2,, Vol. 14, No. 1693-9522, Pp. 22-27, 2020.




DOI: https://doi.org/10.24176/sitech.v4i2.6831

Article Metrics

Abstract views : 1000| DOWNLOAD DISINI (PDF) views : 771

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

 

JournalStories Main logo JournalStories Main logo

 

Flag Counter