Sistem Informasi E-SPPT SPOP Pajak Bumi Berbasis Web di Badan Pengelolaan Pendapatan, Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Kabupaten Kudus

Muhammad Savra Agus Tiyo
Noor Latifah

Abstract


Badan Pengelolaan Pendapatan, Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Kabupaten Kudus untuk memenuhi kebutuhan daerah yang dinamis didasakan pada kebutuhan daerah. Pelayanan dari BPPKAD belum bisa dikatakan maksimal, yaitu Pelayanan dalam mengurus pendataan Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT) pada Pajak Bumi (SPOP). Pendataan SPPT SPOP ini dilakukan hanya untuk objek berupa tanah saja. Penginputan data masih dilakukan secara manual mengisi form dan harus datang ke tempat sehingga tidak efisien. Solusi dari permaslahan ini adalah dengan merancang dan membangun Sistem Informasi E-SPPT SPOP Pajak Bumi Berbasis Web dengan tujuan untuk membantu proses pendataan dan pengolahan data pajak bumi di BPPKAD Kabupaten Kudus. Sistem ini bermanfaat untuk membantu masyarakat kabupaten kudus dalam mengurus pendataan Pajak Bumi (SPOP) secara mandiri tanpa harus datang dan mengantri ke kantor BPPKAD secara langsung. Metode pengembangan yang diterapkan pada penelitian ini adalah dengan pengembangan metode waterfall. Penelitian ini menghasilkan Sistem Informasi E-SPPT SPOP Pajak Bumi Berbasis Web di Badan Pengelolaan Pendapatan, Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Kabupaten Kudus.

Keywords


BPPKAD; SPPT; SPOP; pajak; kudus

Teks Lengkap:

DOWNLOAD DISINI (PDF)

Referensi


Praptiningsih, ” Sistem Pengolahan Objek Pajak Bumi Dan Bangunan Pada Kecamatan Kebonagung,” SPEED, osa/vuosik. 7, nro 3, pp. 13-17, 2015. K. Ngabalin, S. N. Alam ja R. M. Thambrin, ”SISTEM INFORMASI PENDAFTARAN DAN PENDATAAN OBJEK PAJAK BARU PADA BADAN PENDAPATAN DAERAH KOTA JAYAPURA BERBASIS WEBSITE,” tekijä: SEMNASTIK, PALEMBANG, 2018. H. Azis ja F. Akib, ”ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN PAJAK DAERAH BERBASIS WEB (Studi Kasus : Kantor DPPKAD Kota Palopo),” INSYPRO, osa/vuosik. 1, nro 1, 2016. Sugiyono, ”Metode Penelitian,” Jurnal Metode penelitian, 2013. R. Pressman, Software Engineering :Practical Approach, Wembley-Hills, New York, 2002.




DOI: https://doi.org/10.24176/sitech.v4i2.7162

Article Metrics

Abstract views : 254| DOWNLOAD DISINI (PDF) views : 276

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Statistik Pengunjung Sitech View My Stats

Indexed by:


 Kode Barcode ISSN - Jurnal SITECH
Free counters!

Creative Commons License
Sitech : Jurnal Sistem Informasi dan Technology is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: