Sistem Informasi Pengelolaan Pabrik Gula Merah Tradisional pada UD. Putra Remaja Berbasis Web

Noor Rohmad
Diana Laily Fithri
Nanik Susanti
Fajar Nugraha - [ https://orcid.org/0000-0002-6486-7768 ]

Abstract


UD. Putra Remaja merupakan salah satu pabrik gula merah tradisional yang berada di Desa Plukaran RT 01 / RW 05 Kecamatan Gembong Kabupaten Pati. UD. Putra Remaja menghasilkan gula merah yang menggunakan bahan baku dari tanaman tebu. Selama ini UD. Putra Remaja tidak menerapkan sistem informasi dalam pengelolaan datanya. Mulai dari pencatatan tebangan tebu yang diperoleh per orang setiap harinya yang masih menggunakan buku yang memiliki resiko buku tersebut rusak atau bahkan hilang, proses penghitungan gaji pegawai yang masih dilakukan secara manual, tidak adanya pencatatan gula merah yang telah diproduksi serta tidak adanya pencatatan gula merah yang telah terjual selama ini. Dengan adanya permasalahan di atas, maka penulis akan membuat sebuah Sistem Informasi Pengelolaan Pabrik Gula Merah Tradisional Berbasis Web yang diharapkan mampu membantu pihak UD. Putra Remaja dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi. Sistem ini mempermudah dalam hal pencatatan tebangan tebu, penghitungan gaji pegawai, pencatatan gula yang diproduksi dan pencatatan gula yang terjual pada UD. Putra Remaja.

Keywords


sistem informasi; pengelolaan; gula merah; web

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


[1] I. G. A. Sanjaya, "Pengembangan Sistem Informasi Cv. Intra Media Bali," Jurnal Teknologi Informasi Dan Komputer, Volume1, Nomor 1, Januari 2015, Vol. 1, No. 1, 2015.

[2] Y. S. K. F. Wibowo Adi Kusumo, "Rancang Bangun Sistem Informasi Penggilingan Tebu Pada Perusahaan Gula," Politeknik Elektronika Negeri Surabaya .

[3] L. O. ³. H. Muhammad Iqbal Nursyamsi, "Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan Ud. Suhandi Bandung," In 2, Bandung, 2016.

[4] M. E. O. Lutfi Alfinabilah, "Perancangan Sistem Informasi Pengolahan Cv.Tirta Mandiri," In Prosiding Akuntansi, Bandung, 2017.

[5] R. D. S. M. Sukamto, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorintasi Object, Bandung: Informatika, 2018.




DOI: https://doi.org/10.24176/sitech.v5i1.7628

Article Metrics

Abstract views : 249| PDF views : 169

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Statistik Pengunjung Sitech View My Stats

Indexed by:


 Kode Barcode ISSN - Jurnal SITECH
Free counters!

Creative Commons License
Sitech : Jurnal Sistem Informasi dan Technology is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: