Persepsi Mahasiswa Universitas Siliwangi Angkatan Tahun 2019 pada Penggunaan Online Food Selama Pandemi Covid-19

Resa Nur Fadila
Annisa Eka Puspita
Siti Nurjannah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi mahasiswa Universitas Siliwangi angkatan tahun 2019 dalam penggunaan online food selama pandemi Covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif yang menggambarkan fenomena terkait hal tersebut, pengambilan data dilakukan dengan survey yang berupa kuisioner yang disebarkan melalui google form. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling sebanyak 50 responden. Indikator yang digunakan untuk melihat persepsi mahasiswa Universitas Siliwangi angkatan tahun 2019 dalam penggunaan online food selama pandemi Covid-19 yaitu persepsi manfaat, persepsi kemudahan, dan persepsi risiko. Data yang dihasilkan penelitian menunjukkan bahwa persepsi manfaat menunjukkan  92% menyatakan menggunakan online food bermanfaat dan efektif dimasa pandemi, persepsi kemudahan menunjukkan 98% online food mudah digunakan, dan persepsi risiko menunjukkan 60% pendapat bahwa risiko menggunakan online food tinggi. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan online food pada mahasiswa Universitas Siliwangi Tahun 2019 di pengaruhi oleh tiga persepsi yaitu persepsi manfaat, persepsi kemudahan, serta persepsi risiko.


Keywords


online food; persepsi; mahasiswa

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


[1] H. Kusuma, "Ekonomi Ri Babak Belur Dihantam Corona," Detikfinance Https://Finance.Detik.Com/BeritaEkonomi-Bisnis/D-5193430/Ekonomi-Ri-Babak-Belur-Dihantam-Corona,
2020.
[2] V. F. Thomas, "Nielsen: 58% Masyarakat Pesan Makanan Via Aplikasi Pesan-Antar," Tirto.Id
Https://Tirto.Id/Nielsen-58-Masyarakat-Pesan-Makanan-Via-Aplikasi-Pesan-Antar-Eil7, 2019.
[3] P. K. Kannan And H. ". Li, "Digital Marketing: A Framework, Review And Research Agenda," International
Journal Of Research In Marketing, 34(1), Pp. 22-45 Https://Doi.Org/10.1016/J.Ijresmar.2016.11.006, 2017.
[4] W. Setiawan, "Era Digital Dan Tantangannya," In Seminar Nasional Pendidikan 2017, 2017.
[5] A. T. Saad, "Factors Affecting Online Food Delivery Service In Bangladesh: An Empirical Study," British
Food Journal 123(2), Pp. 535-550 Https://Doi.Org/10.1108/Bfj-05-2020-0449, 2021.
[6] K. M. Ngoc And T. T. Uyen, "Factors Affecting Guest Perceived Service Quality, Product Quality, And
Satisfaction-A Study Of Luxury Restaurants In Ho Chi Minh City, Vietnam," Journal Of Advanced
Management Science, Pp. 284-291 Https://Doi.Org/10.12720/Joams.3.4, 2015 .
[7] A. Haekal And B. Widjajanta, "Pengaruh Kepercayaan Dan Persepsi Risiko Terhdap Minat Membeli Secara
Online Pada Pengunjung Website Classifieds Di Indonesia," Journal Of Business Management And
Enterpreneurship Education 1(1), Pp. 183-195 Https://Doi.Org/10.17509/Jbme.V1i1.2287, 2016.
[8] D. H. M. I. Nurdin, "Aplikasi Quick Count Pilkada Dengan Menggunakan Metode Random," Sampling
Berbasis Android, Pp. 142-154, 2018.
[9] I. M. Winartha, Metodologi Penelitian Sosial Ekonomi, Yogyakarta: C.V. Andi Offset, 2006.
[10] B. P. Singgih Priambodo, "Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Dan Persepsi
Risiko Terhadap Minat Menggunakan Layanan Uang Elektronik (Studi Kasus Pada Masyarakat Di Kota
Semarang)," Pp. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis 5 (20), 127-135, 2016, 2016.
[11] A. A. Marcella Puspita, "Faktor-Faktor Pendorong Konsumen Surabaya Membeli Makanan Dan Minuman
Melalui Aplikasi Gofood Dan Grabfood," Pp. Jurnal Manajemen Perhotelan, Vol. 6, No. 2, September 2020,
88–98, 2020.
[12] Q. Amalia, "Persepsi Konsumen Terhadap Faktor Yang Mempengaruhi Niat Menggunakan Aplikasi GoFood Di Masa Pandemu Covid-19," P. Prosiding The 12th Industrial Research Workshop And National Seminar, 2021.
[13] H. Rusminah Hs, "Pengaruh Persepsi Kemanfaatan Dan Persepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap
Penggunaan Layanan Aplikasi Gofood," Pp. E-Issn: 2477-1767 Vol. 9, No. 1 – Maret 2021, 2021.




DOI: https://doi.org/10.24176/sitech.v5i1.7960

Article Metrics

Abstract views : 210| PDF views : 155

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Statistik Pengunjung Sitech View My Stats

Indexed by:


 Kode Barcode ISSN - Jurnal SITECH
Free counters!

Creative Commons License
Sitech : Jurnal Sistem Informasi dan Technology is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: