Sistem Informasi Inventory Use Tool PT Djarum Unit Workshop Engineering Pasuruan Kidul Berbasis Android

Syarif Hidayat
Supriyono Supriyono
Nanik Susanti
Putri Kurnia Handayani

Abstract


Perusahaan rokok kretek “DJARUM” didirikan oleh Oei Wie Gwan, pada tahun 1951 dikota kudus, jawa tengah. Kantor pusat PT Djarum bertepat di jalan Jendral A. Yani 28 Kudus Jawa Tengah. Perusahaan yang bergerak dibidang produksi rokok juga memiliki sebuah unit engineering yang disebut dengan Workshop Engineering PT Djarum. Unit ini bergerak dalam pembuatan spare part mesin. Pada kegiatan produksi spare part, terjadi sebuah masalah dalam pengelolaan data inventory use tool. Sistem inventory use tool yang berada diunit produksi masih dalam tahap perkembangan mengunakan Microsoft Office 365, kendala yang ditemukan yaitu sistem informasi yang belum mengelola data tool yang berada digudang penyimpanan secara menyeluruh dan belum menghasilkan sebuah laporan pengelolaan secara detail. Untuk itu diperlukan adanya pengembangan sebuah sistem informasi inventory use tool secara efektif dan efisien. Metodologi yang dipakai dalam penelitian ini, adalah metode pengumpulan data, metode analisa, metode perancangan, dan metode pengujian dengan Black Box Testing. Hasil yang ingin dicapai dalam penelitian ini berupa aplikasi sistem informasi inventory use tool berbasis android yang dirancang bangun dengan menggunakan program berbasis kotlin dan SQLite yang cocok untuk menampung semua data dan informasi inventory use tool di PT. Djarum.

Keywords


sistem Informasi; inventory; use tool; android

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


[1] Jogiyanto, Analisa dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur, Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis, Yogyakarta: Andi, 2005.
[2] PSAK, "Pernyataan Standar Akutansi Keuangan No.14," 2014.
[3] E. Burnette, Hello Android, Introducing Google's Mobile Development Platform, 2008.
[4] F. P. Sari, "Aplikasi SIstem Informasi Pemesanan Koki dan Masakan Rumahan Berbasis Android," SITECH, vol. 1, no. 2, pp. 123 - 126, 2019.
[5] S. Zalukhu and I. Handriani, "Analisa dan Perancangan Aplikasi SIstem Inventory (Studi Kasus: PT Cakra Medika Utama," JSAI (Journal Scientific and Applied Informatics), vol. 2, no. 1, pp. 116 - 122, 2019.
[6] T. Handayani, A. Furqon and Supriyono, "Rancang Bangun Sistem Inventory Pengendalian Stok Barang Berbasis Java pada PT Kalibesar Artah Perkasa," SITECH, vol. 3, no. 1, pp. 35 - 40, 2020.




DOI: https://doi.org/10.24176/sitech.v5i2.8904

Article Metrics

Abstract views : 270| PDF views : 150

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

 

JournalStories Main logo JournalStories Main logo

 

Flag Counter