Aplikasi Sistem Pakar untuk Mendiagnosis Penyakit Stroke menggunakan Metode Forward Chaining Berbasis Web

Joko Handoyo
Arlinda Meydiana

Abstract


Penyakit stroke adalah masalah kesehatan yang sering terjadi saat asupan darah menuju ke otak kekurangan oksigen dan nutrisi. Akibatnya, dalam hitungan menit saja, sel-sel otak mulai mati. Data RSUD Dr. R Soeprapto Cepu menunjukkan bahwa kematian pasien yang diakibatkan oleh semua kasus tersebut  sebesar 371 jiwa sedangkan kematian akibat penyakit itu sendiri sebesar 54 jiwa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan suatu aplikasi sistem pakar yang bisa digunakan untuk para penderita stroke maupun yang baru mengalami gejala atau tanda-tanda penyakit stroke. Aplikasi sistem pakar ini dibuat tidak hanya untuk pasien penderita stroke saja tetapi juga masyarakat yang ingin mengetahui lebih awal gejala dan ciri pasien stroke. Data penelitian kali ini  tahun 2021-2022 di RSUD Dr. R Soeprapto Cepu berdasarkan diagnosis tenaga kesehatan sebesar 160 jiwa selama 2 tahun terakhir. Pembuatan Aplikasi ini  menggunakan metode Forward Chaining serta diimplementasikan dengan PHP, MySQL untuk konsep yang ada diaplikasi masih mengunakan cara manual dengan memasukan data-data yang diperoleh dari sumber yang terpercaya dan diakhiri dengan proses pengujian sistem menggunakan teknik blackbox testing dengan hasil pengujian sebesar 58% yang mana bisa dikatakan aplikasi ini cukup baik untuk digunakan tetapi perlu untuk  dikembangkan lagi agar menjadi aplikasi yang sempurna dan dapat digunakan.

Keywords


penyakit stroke; forward chaining; web-based

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


[1] Mutiarasari, D., (2019). Ischemic Stroke: Symptoms, Risk Factors, And Prevention. Medika Tadulako, Jurnal Ilmiah Kedokteran, Vol. 6 No. 1 Januari 2019.
[2] Junaidi, I., 2011, Stroke Waspadai Ancamannya, ANDI, Yogyakarta.
[3] Karim, et al. (2021). Sistem Pakar dalam Mengidentifikasi Gejala Stroke Menggunakan Metode Naive Bayes. Jurnal Sistim Informasi dan Teknologi (JSISFOTEK). e-ISSN: 2686-3154.
[4] Panjaitan, et al. (2018). Perbandingan Metode Dempster Shafer Dengan Metode Certainty Factor Untuk Mendiagnosa Penyakit Stroke. JIPN (Journal Of Informatics Pelita Nusantara), e-ISSN : 2541-3724.
[5] Puspita, et al. (2019). Perbedaan Informasi Citra CT Scan Kepala Pada Kasus Stroke Non Hemoragic Dengan Variasi Nilai Window Width (Di Instalasi Radiologi RSUD. Dr. R. Soeprapto Cepu). Prosiding Seminar Nasional Widya Husada.
[6] Viyanti, et al. (2020). Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Jenis-Jenis Penyakit Stroke Menggunakan Metode Variable-Centered Intelligent Rule System, Jurnal TIN: Terapan Informatika Nusantara, ISSN 2722-7987.




DOI: https://doi.org/10.24176/sitech.v5i2.9240

Article Metrics

Abstract views : 531| PDF views : 222

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

 

JournalStories Main logo JournalStories Main logo

 

Flag Counter