Aplikasi Panduan Gizi Seimbang Berbasis Mobile dengan Metode Lean UX

Nurul Hakima
Putri Ayu Pitria
Agus Salim

Abstract


Perkembangan zaman yang semakin berkembang membuat tuntutan pekerjaan semakin menyita waktu. Masyarakat saat ini semakin mengabaikan kebutuhan gizi dalam tubuh. Penelitian ini dilakukan untuk merancang sistem aplikasi yang dapat digunakan untuk menghitung kalori makanan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Lean UX yang terdiri dari 4 tahapan yaitu Declare Assumptions, Create an MVP, Run an Experiment, Feedback and Research. Pengujian dilakukan ke 10 responden dengan menggunakan User Experience Questionnaire. Dari hasil perhitungan mean didapatkan bahwa prototype yang dihasilkan sudah cukup baik dengan perolehan nilai mean >4 untuk setiap item pertanyaan.


Keywords


UI/UX; Lean UX; gizi seimbang

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


[1] G. A. Pamungkas, R. R. Isnanto and K. T. Martono., "Pembuatan Aplikasi Panduan Gizi Seimbang Berbasis Android Dengan Menggunakan Metode Backward Chaining," Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, vol. IV, no. 2, pp. 1-12, 2016.

[2] J. Jocelyn and R. P. Sutanto, "Penerapan Metode Lean UX dan Design Sprint Pada Pembuatan dan Pengembangan Aplikasi Aryanna".

[3] I. Rabbanii, A. H. Brata and K. C. Brata, "Penerapan Metode Lean UX pada Pengembangan Aplikasi Bill Splitting menggunakan Platform Android," Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. III, no. 7, pp. 6831-6837, 2019.

[4] E. Saputra, S. and J. Lemantara, "Perancangan Desain User Interface / User Experience Layanan Informasi Kampus (LIK) Dengan Metode Lean User Experience (Lean UX) Pada Universitas Dr. Soetomo," JSIKA, vol. VII, no. 5, pp. 1-10, 2018.

[5] D. A. Anggara, W. Harianto and A. Aziz, "PROTOTIPE DESAIN USER INTERFACE APLIKASI IBU SIAGA MENGGUNAKAN LEAN UX," KURAWAL Jurnal Teknologi, Informasi dan Industri, vol. IV, no. 1, pp. 58-74, 2021.




DOI: https://doi.org/10.24176/sitech.v6i1.9289

Article Metrics

Abstract views : 291| PDF views : 247

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

 

JournalStories Main logo JournalStories Main logo

 

Flag Counter