Analisis dan Perancangan Sistem Pick-Up Barang Menggunakan Metode Iconix Process

Sinta Ayu Rismawati
Siti Oktavia Eka Putri
Nasywa Zahira Ramadhani
Seftin Fitri Ana Wati
Anindo Saka Fitri

Abstract


CV. Kreasi Wisata adalah sebuah organisasi yang bergerak di bidang logistik sekaligus penyedia jasa kurir yang bekerja sama dengan PT. Lion Parcel Express. CV. Kreasi Wisata ternyata masih menggunakan metode yang kurang efektif pada proses bisnisnya, seperti penyampaian informasi pick-up lewat chat pribadi ke admin lalu diteruskan ke kurir tanpa penjadwalan yang terbilang kurang efektif. Oleh karena itu, perlu adanya sebuah sistem baru yang dapat memudahkan para aktor (Customer, Admin, dan Kurir) selama proses pick-up barang. Dalam artikel ini dibahas mengenai analisis dan perancangan sistem pick-up barang dengan menggunakan iconix process. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi dan wawancara langsung ke pihak yang bersangkutan, ditambah dengan literature review dari jurnal yang berkaitan. Perancangan sistem yang diusulkan digambarkan dengan UML (Unified Modelling Language). Hasil dari analisis dan perancangan ini berupa desain sistem informasi yang dapat melakukan penjadwalan pick-up barang dari order yang dilakukan customer secara otomatis dan dilengkapi dengan fitur tracking. Untuk selanjutnya, diharapkan sistem ini dapat dilanjutkan ke tahap pengembangan dan diimplementasikan pada CV. Kreasi Wisata.


Keywords


iconix process; desain sistem informasi; penjadwalan; pick-up barang; website

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


[1] Ningtyas S, Ar-Rasyid H, Marchiandy A. RANCANGAN SISTEM MONITORING PENGIRIMAN BARANG BERBASIS WEBSITE PADA PT. DENSO CENTRA. 2022.

[2] Kadek Arimbawa I, Firdiansyah Suryawan R, Tinggi Penerbangan Aviasi S. PERAN PETUGAS OPERATION DALAM MEWUJUDKAN KETEPATAN WAKTU PENGIRIMAN BARANG DI LION PARCEL JAKARTA (DALAM SUATU TINJAUAN) ARTIKEL INFORMASI ABSTRAK. JTLA [Internet]. 2022;2(1):34–41. Available from: https://abnusjournal.com/jtla

[3] Taruli E, Dosen P, Jurusan T, Stie A, Pembangunan I, Serang JR. PENGEMBANGAN APLIKASI PENGOLAHAN DATA PENGIRIMAN BARANG PADA PT. HATI MUTIARA. JURNAL IPSIKOM . 2016;4(2):54–66.

[4] RANCANG BANGUN APLIKASI PEMESANAN PICK-UP BARANG BERBASIS WEB DI JNE SEMARANG DESIGN OF ORDERING APPLICATION OF PICK-UP OF WEB-BASED GOODS IN JNE SEMARANG. Information Technology and Telematics.

[5] Hidayatulloh S, Rofiah Hidayati N, Nita S. RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PICK UP KIRIMAN POS BERBASIS WEB. 2018.

[6] Rahmatuloh M, Revanda MR. RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI JASA PENGIRIMAN BARANG PADA PT. HALUAN INDAH TRANSPORINDO BERBASIS WEB. Jurnal Teknik Informatika [Internet]. 2022 Feb 25 [dikutip 2022 Des 27];14(1):54–9. Available from: https://ejurnal.poltekpos.ac.id/index.php/informatika/article/view/1944

[7] . Y, Mursanto P. PENGEMBANGAN APLIKASI WEB DENGAN ICONIX PROCESS DAN UML STUDI KASUS: SISTEM MANAJEMEN ISI. Jurnal Sistem Informasi [Internet]. 2008 Jul 12 [dikutip 2022 Des 27];4(2):115–21. Available from: https://jsi.cs.ui.ac.id/index.php/jsi/article/view/255

[8] Wira D, Putra T, Andriani R. Unified Modelling Language (UML) dalam Perancangan Sistem Informasi Permohonan Pembayaran Restitusi SPPD. JURNAL TEKNOIF ITP . 2019;7(1):32–9.

[9] Gómez Sotelo KI, Baron C, Esteban P, Estrada CYAG, Laredo Velázquez L de J. How to find non-functional requirements in system developments. IFAC-PapersOnLine. 2018 Jan 1;51(11):1573–8.




DOI: https://doi.org/10.24176/sitech.v6i1.9307

Article Metrics

Abstract views : 244| PDF views : 137

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Statistik Pengunjung Sitech View My Stats

Indexed by:


 Kode Barcode ISSN - Jurnal SITECH
Free counters!

Creative Commons License
Sitech : Jurnal Sistem Informasi dan Technology is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: