Sistem Informasi Pengelolaan Persediaan Bahan Produksi dan Pembayaran Tagihan menggunakan Metode Periodic Review pada Ben’s Bakery Berbasis Web

Nor Muhammad Mubarrizi
Noor Latifah
Yudie Irawan
Syafiul Muzid

Abstract


Ben’s Bakery masih menggunakan sistem manual dalam menerima pesanan dari pelanggan dan mengelola persediaan bahan produksi, yaitu dengan masih menggunakan pencatatan di dalam buku. Hal ini menyebabkan pencatatan pesanan maupun persediaan bahan membutuhkan waktu yang lama, dan berpotensi dapat menimbulkan permasalahan lain seperti hilangnya catatan pesanan pelanggan, persediaan bahan, atau nota tagihan dari suplier. Hal tersebut dapat menyebabkan pencatatan persediaan bahan harus dilakukan kembali yang dapat memakan waktu lebih lama lagi, serta menimbulkan masalah dalam melakukan pembayaran tagihan. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah Sistem Informasi yang dapat mengelola Persediaan Bahan dan Pembayaran Tagihan pada Ben’s Bakery yang menggunakan Metode Periodic Review. Dengan adanya sistem ini, diharapkan dapat membantu perusahaan dalam mengelola penerimaan pesanan dari pelanggan, persediaan bahan dalam gudang, pembayaran tagihan, serta perusahaan dapat mengetahui perkiraan biaya pengadaan bahan.


Keywords


sistem pengelolaan; persediaan; pembayaran tagihan; periodic review; Ben’s Bakery; berbasis web.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


[1] Wahyuning, Sri, dan Sri Puji Wijayanti, (2020). Sistem Informasi Akuntansi Persediaan Bahan Baku Untuk Pengendalian Biaya Persediaan Dengan Periodic Review Method Berbasis Multiuser Di PT. Sango Ceramics Indonesia. Jurnal Ilmiah Komputerisasi Akuntansi. Vol. 13 No.2. Hal. 117-126. STEKOM Semarang.

[2] Hakim, Zainul, Lilis Sakuroh, dan Soni Awaludin. (2019). Sistem Informasi Persediaan Barang Berbasis Web Pada CV. Telaga Berkat. Jurnal Sisfotek Global. Vol. 6 No.1. Hal. 69-74. STMIK Bina Sarana Global.

[3] Fadhil, Raihan Ahmad, A.A.N. Perwira Redi, dan Mirna Lusiani. (2020). Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan Persediaan Bahan Baku Di Outlet Perusahaan XYZ. Jurnal Manajemen Industri dan Logistik. Vol. 4 No.2. Universitas Pertamina.

[4] Priskila, Ressa. (2018). Perancangan Sistem Informasi Persediaan Barang Pada Perusahaan Karya Cipta Buana Sentosa Berbasis Web Dengan Metode Extreme Programing. CESS (Journal of Computer Engineering System and Science). Vol. 3 No. 2 Juli 2018. Hal. 94-99. Universitas Palangka Raya.

[5] Janah, Susi Nor, Putri Kurnia Handayani, Yudie Irawan, dan Rhoedy Setiawan. (2022). Sistem Informasi Pengelolaan Stok Obat Pada Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus Berbasis Web Menggunakan Metode FIFO. Jurnal Sistem Informasi Dan Tenologi. Vol. 5 No.1. Hal. 11-18. Universitas Muria Kudus.




DOI: https://doi.org/10.24176/sitech.v6i1.9532

Article Metrics

Abstract views : 163| PDF views : 102

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Statistik Pengunjung Sitech View My Stats

Indexed by:


 Kode Barcode ISSN - Jurnal SITECH
Free counters!

Creative Commons License
Sitech : Jurnal Sistem Informasi dan Technology is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: