Rancang Bangun Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran Materi RNA dan DNA Berbasis Android pada Kelas XII SMA

Restu Setiadien Haq
Lilik Ariyanto
Andi Priyolistiyanto

Abstract


Pada masa setelah pandemi Covid-19 seperti saat ini proses pembelajaran sudah mulai kembali menggunakan model pembelajaran tatap muka, tentunya siswa dan guru perlu adaptasi terhadap peralihan model pembelajaran tersebut, salah satunya dapat dengan menggunakan media pembelajaran yang menarik dan inovatif sehingga siswa dapat lebih tertarik dan efektif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Gemuh pada tahun ajar 2022/2023. Model pengembangan aplikasi yang digunakan adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Untuk validasi aplikasi media pembelajaran materi RNA dan DNA berbasis Augmented Reality ini dilakukan uji kelayakan dan daya tarik oleh validator yang terdiri dari ahli media, ahli materi dan responden yang dilakukan oleh siswa kelas XII IPA II dengan teknik pengumpulan data berupa mengisi angket penilaian. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa aplikasi media pembelajaran ini dalam kategori sangat layak untuk digunakan dan memiliki kategori daya tarik yang tinggi. Hal ini diketahui melalui perhitungan angket penelitian dari ahli media, ahli materi dan responden dengan hasil presentase kelayakan sebesar 83% dan daya tarik sebesar 83% sehingga dapat disimpulkan aplikasi media pembelajaran materi RNA dan DNA berbasis Augmented Reality ini dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

Keywords


media Pembelajaran; RNA; DNA; augmented reality.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


[1] Limbong, O. P., Tambunan, W., & Limbong, M. (2021). Kesiapan Pelaksanaan Pembelajaran Tatap
Muka Di Smk Negeri 2 Toraja Utara Pada Masa Pandemi. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(1), 37–45.
[2] Suryani, L., Tute, K. J., Nduru, M. P., & Pendy, A. (2022). Analisis Implementasi Pelaksanaan
Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Masa New Normal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia
Dini, 6(3), 2234–2244..
[3] Pattanang, E., Limbong, M., & Tambunan, W. (2021). Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran Tatap
Muka Di Masa Pandemi Pada Smk Kristen Tagari. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(2), 112–120.
[4] Syarifuddin, S., Aisyah, S., & Triana, Y. (2022). Meningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik pada
Pembelajaran Tatap Muka Usai Belajar Online Akibat Pandemi Covid-19. EDUKATIF : Jurnal Ilmu
Pendidikan, 4(1), 278–288..
[5] Ariyanto, L., Aditya, D., & Dwijayanti, I. (2019). Pengembangan Android Apps Berbasis Discovery
Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII. Edumatika: Jurnal Riset
Pendidikan Matematika, 2(1), 40.
[6] Damayanti et.al. (2018). Kelayakan Media Pembelajaran Fisika Berupa Buku Saku Android pada Materi
Fluida Statis. Indonesian Journal of Science and Matematics Education, 1(1), 63–70.




DOI: https://doi.org/10.24176/sitech.v6i1.9734

Article Metrics

Abstract views : 127| PDF views : 76

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Statistik Pengunjung Sitech View My Stats

Indexed by:


 Kode Barcode ISSN - Jurnal SITECH
Free counters!

Creative Commons License
Sitech : Jurnal Sistem Informasi dan Technology is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: