Pemanfaatan Teknologi QR Code untuk Sistem Informasi Kependudukan di Desa Pilangrejo

Anas Burhanuddin
Fajar Nugraha
Diana Laily Fithri
Putri Kurnia Handayani
Nanik Susanti

Abstract


Desa Pilangrejo, terletak di Kabupaten Demak, merupakan sebuah desa yang dikelola oleh pemerintah daerah dan kemendesa dengan kepala desa sebagai pengelola. Walaupun pelaksanaan pelayanan desa berjalan cukup baik, namun masih dilakukan secara manual dengan mencatat informasi pada buku tanpa menggunakan teknologi informasi yang lebih modern. Salah satu masalah yang dihadapi adalah pengurusan surat yang memerlukan waktu lama dan rentan terhadap manipulasi oleh warga. Selain itu, data kependudukan seringkali tidak terupdate secara tepat waktu. Untuk mengatasi masalah tersebut, penelitian ini menggunakan pengembangan waterfall dengan analisa kebutuhan melalui wawancara, observasi, studi pustaka, dan dokumentasi. Sistem informasi yang dirancang menggunakan UML (Unified Modelling Language) dan dilengkapi dengan QR code untuk menjaga keamanan surat-surat. Dengan demikian, sistem informasi ini dapat membantu mempercepat pekerjaan perangkat desa dalam pembuatan atau pengurusan pelayanan surat di Desa serta mencegah warga melakukan manipulasi pada surat palsu.

Keywords


qr code; pelayanan kependudukan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


[1] A. Ahmadi and H. Juliansa, “Rancang Bangun Sistem Informasi Digital Layanan Administrasi Publik Desa Berbasis WEB Responsive,” J. Ilm. Inform. Glob., vol. 10, no. 1, 2019.

[2] J. Asmara, “Rancang Bangun Sistem Informasi Desa Berbasis Website (Studi Kasus Desa Netpala),” J. Pendidik. Teknol. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 1–7, 2019.

[3] Y. I. Melani, “Sistem Pengaduan Layanan Akademik Menggunakan Responsive Web Design,” J. Sisfokom (Sistem Inf. dan Komputer), vol. 8, no. 1, pp. 39–45, 2019.

[4] R. Somya and B. Beny, “Pemanfaatan Plug-in DataTables untuk Sistem Informasi di Unit Indostamping PT Pura Barutama,” J. Inform., vol. 6, no. 1, 2019.

[5] Y. Anggraini, D. Pasha, and A. Setiawan, “Sistem Informasi Penjualan Sepeda Berbasis Web Menggunakan Framework Codeigniter (Studi Kasus : Orbit Station),” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 1, no. 2, pp. 64–70, 2020.

[6] Risna, “PELAKSANAAN PELAYANAN PUBLIK (Studi Kasus Pelayanan Administratif di Kantor Desa Kotabaru Seberida Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir),” JOM FISIP, vol. 5, no. 1–10, 2018.

[7] A. Nurkholis et al., “Digitalisasi Pelayanan Administrasi Surat Pada Desa Bandarsari,” J. Soc. Sci. Technol. Community Serv., vol. 3, no. 1, p. 21, 2022.

[8] Y. D. Wijaya and M. W. Astuti, “Sistem Informasi Penjualan Tiket Wisata Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall,” Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Komun., pp. 273–276, 2019.

[9] R. A. Sukamto and M. Shalahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung, 2016.




DOI: https://doi.org/10.24176/sitech.v6i2.9824

Article Metrics

Abstract views : 128| PDF views : 42

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Statistik Pengunjung Sitech View My Stats

Indexed by:


 Kode Barcode ISSN - Jurnal SITECH
Free counters!

Creative Commons License
Sitech : Jurnal Sistem Informasi dan Technology is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: