Penerapan Metode Safety Stock dan Reorder Point pada Sistem Informasi Penjualan dan Monitoring Stok Berbasis Web Responsive

Nur Akhmad Khasan
Putri Kurnia Handayani
Diana Laily Fithri
Eko Darmanto
R. Rhoedy Setiawan

Abstract


PR Mubarok Jaya Abadi adalah sebuah perusahaan di Jawa Tengah yang memproduksi tembakau rokok. Kantor pusatnya berlokasi di Desa Robayan, Kec Kalinyamatan, Kab Jepara. PR Mubarok Jaya Abadi belum menerapkan manajemen persediaan yang efektif untuk produk, membeli secara berkelanjutan tanpa mengantisipasi kebutuhan yang optimal. PR Mubarok Jaya Abadi harus menghitung jumlah persediaan yang aman (Safety Stock) untuk menghindar terjadinya kekosongan persediaan (Stockout) dan besarnya titik pembelian kembali (Reorder Point) untuk menentukan jumlah minimum barang yang harus dibeli kembali berdasarkan kebutuhan agar tercapainya efisiensi dalam persediaan barang. PR Mubarok Jaya mampu mengantisipasi agar persediaan barang sesuai dengan penjualan di lapangan dengan memasukkan Safety stock ke dalam pengelolaan persediaan barang. Untuk mempermudah penyelesaian masalah, dirancanglah sistem informasi penjualan dan pemantauan stok barang menggunakan metode safety stock dan reorder point berbasis web responsif.


Keywords


sistem informasi penjualan; safety stock; web responsive.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


[1] Rahmawati. (2017). Sistem Inventory Stok Pada CV. Artja Palembang. Palembang, 2017.

[2] R. Cahya Pratiwi, C. Iswahyudi, and R. Yuliana Rachmawati, “Sistem Manajemen Persediaan Barang Dagang Menggunakan Metode Safety Stock Dan Reorder Point Berbasis Web (Studi Kasus: Art Kea Centro Plaza Ambarrukmo Yogyakarta),” J. Scr., vol. 7, no. 2, pp. 213–222, 2019.

[3] P. Sistem, I. Safety, and S. Di, “Biru Menggunakan Java,” pp. 61–70, 2021.

[4] Dwi, S. G. (2021). Implementasi Metode Safety Stock Dan Reorder Point Untuk Inventory Pengelolaan Stok Barang. Skripsi. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2021.

[5] A. D. Sabilla and D. Mahendra, “Sistem Informasi Persediaan Barang Dengan Safety Stock,” J. Inf. Syst. Comput., vol. 2, no. 1, pp. 32–35, 2022, [Online]. Available: https://journal.unisnu.ac.id/JISTER/article/download/265/167.

[6] Ismai, “Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek.” pp. 28–31, 2015.

[7] L. R. Meylia, K. M. Faransyah, U. N. Nugrain, A. T. Widodo, and ..., “Penerapan Digital Marketing Untuk Pengembangan UMKM di Desa Setro,” Kanigara, vol. II, no. 1, pp. 209–215, 2022, [Online]. Available: http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/kanigara/article/view/5107%0Ahttp://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/kanigara/article/download/5107/3497.

[8] Irham, F. Manajemen Produksi dan Operasi. Bandung: Alfabeta, 2019.

[9] Assauri, S. " Manajemen Operasi Produksi". PT .Raja Grafido Persada : Jakarta, 2016.




DOI: https://doi.org/10.24176/sitech.v6i1.9850

Article Metrics

Abstract views : 482| PDF views : 259

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

Statistik Pengunjung Sitech View My Stats

Indexed by:


 Kode Barcode ISSN - Jurnal SITECH
Free counters!

Creative Commons License
Sitech : Jurnal Sistem Informasi dan Technology is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: