Persepsi Akademisi Mengenai Peranan Kehidupan Beragama di Indonesia Dalam Perspektif Sosial Budaya (Studi Pada Universitas Muria Kudus)

Febra Robiyanto
- Taufik
Mohammad Kanzanuddin
Adam Martino

Abstract


Fenomena yang ada saat ini menunjukkan bahwa masalah sosial dan kehidupan rolereligious cukup kental terasa . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui akar penyebab sosial keagamaan di Indonesia , mengetahui peran kehidupan beragama di Indonesia dalam menangani isu-isu sosial-keagamaan , melihat apakah nilai-nilai agama telah menjadi bagian dari agama , dan untuk menguji secara empiris adanya perbedaan persepsi antara dosen dan mahasiswa mengenai kehidupan rolereligious di Indonesia dalam perspektif sosial-budaya .

Data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada dosen dan mahasiswa yang dipilih secara acak di Universitas Muria Kudus . Analisis deskriptif data kualitatif untuk menjelaskan secara deskriptif data yang diperoleh dari informasi akademik tentang: masalah sosial dan lingkungan di Indonesia , peran kehidupan beragama di Indonesia dalam menangani masalah sosial dan lingkungan , dan apakah nilai-nilai agama telah menjadi bagian dari budaya .

Hasil analisis deskriptif akar masalah sosial- agama di Indonesia adalah sistem nilai miskin , alam dan pemahaman agama yang buruk . Faktor yang mendasari adalah pendidikan dan pengalaman dosen operasional spesifik . Rata-rata persepsi dosen adalah 2,2098 , yang berarti tidak setuju bahwa kehidupan beragama dalam perspektif sosial-budaya telah sangat baik di Indosesia . Sementara rata-rata persepsi siswa adalah 3,1581 , menunjukkan jawabannya cukup berperan .


Kata kunci : masalah sosial-keagamaan , persepsi akademisi , perspektif sosial dan budaya


Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Article Metrics

Abstract views : 575| Tidak berjudul views : 309

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.