Pembuatan Skenario Pembelajaran Berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Kualitas Guru SD 2 Gondangmanis Kudus
Sari
Permasalahan mitra guru di SD 2 Gondangmanis Kudus kurang maksimalnya proses pembelajaran dalam implementasi Permen No 14 tahun 2019 dalam pembelajaran kurikulum 2013. Agar proses pembelajaran berjalan dengan maksimal, dibutuhkan masukan dan saran dari sesama guru maupun pakar untuk mengevaluasi pembelajaran yang selama ini dilakukan. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah menerapkan teknologi tepat guna dengan cara memberikan pengetahuan kepada guru SD 2 Gondangmanis Kudus untuk membuat skenario pembelajaran berbasis lesson study yang diawali dengan pembuatan lesson design. Target pengabdian TTG ini adalah menerapkan teknologi tepat guna sebagai inovasi pembelajaran tematik SD pada guru SD 2 Gondangmanis Kudus dengan memberikan pengetahuan dan keterampilan guru dalam bentuk pelatihan interaktif dan pendampingan tentang: (1) pembuatan skenario pembelajaran yang sesuai dengan Permen terbaru, (2) pendampingan pembelajaran berbasis lesson study, (3) pemanfaatan dan penggunaan limbah menjadi media pembelajaran (4) pendampingan simulasi dan praktik mengajar. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini yaitu dengan memberikan pelatihan interaktif dan pendampingan. Pada proses pelatihan ada interaksi dua arah sehingga memberikan kesempatan kepada guru SD 2 Gondangmanis Kudus. Pelaksanaan pendampingan ini dimulai dari tahap perencanaan, sosialisasi dan workshop model lesson study, pelatihan, dan pendampingan pembuatan skenario lesson design, simulasi mengajar, dan evaluasi sehingga guru mempunyai kemampuan pedagodik yang baik untuk meningkatkan profesionalisme dan kualitas pembelajaran
Teks Lengkap:
PDFRefbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.