Mentorship Strategi Pembelajaran Karakter Siswa Pasca Era Pandemi Covid-19 di Madrasah Tsanawiyah

Sri Surachmi W, Slamet Utomo, Henny Susilowati

Sari


Pasca pandemi, walaupun sektor pendidikan sudah dapat berjalan normal, ada satu hal yang sangat riskan yang memerlukan penanganan dan perbaikan sangat serius tidak hanya dari pengajar tetapi juga dari orang tua, yakni perbaikan karakter. Permasalahan ini juga menjadi permasahan para pengajar yang ada di madrasah tsanawiyah. Memperhatikan keadaan tersebut, para pengajar memerlukan suatu strategi atau kegiatan yang dapat dilaksanakan untuk mengatasi hal itu. Salah satu kegiatan yang ditawarkan adalah Mentorship Strategi Pembelajaran Karakter Siswa Pasca Era Pandemi di Madrasah Tsanawiyah. Kegiatan dilaksanakan di MTs Nurul Huda Mangkang Kulon Semarang dengan peserta aktif para guru tetap yang mengajar di Madrasah Tsanawiyah tersebut. Kegiatan itu bertujuan memberikan solusi terhadap permasalahan para pengajar dalam mengatasi perbaikan karakter siswa pasca pandemi. Metode yang digunakan dalam kegiatan itu adalah ceramah interaktif, tanya jawab, dan FGD. Melalui mentorship tersebut para pengajar dapat memahami kegiatan dan mempraktekkan strategi pembelajaran karakter siswa secara baik serta dapat mengimplementasikannya dalam pembelajaran di kelas.

Kata Kunci: Mentorship, Strategi, Pembelajaran Karakter 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anggraeni, G. I., Mahta, H. N., & Setyaningsih, M. (2023). Peranan Teknologi Internet dalam Membangun Pendidikan Karakter Anak Menjadi Pemimpin Masa Depan. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 6(1), 293–298. https://doi.org/10.20961/SHES.V6I1.71104

Asputri, A. S. (2022). Penurunan Karakter dan Akdemik Peserta Didik akibat Dampak Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19. Kompasiana. https://www.kompasiana.com/aisyahssaa12/6360b097375dd159e06d7bc4/penurunan-karakter-dan-akdemik-peserta-didik-akibat-dampak-pembelajaran-online-di-masa-pandemi-covid-19

Aziz, A. (2022). Strategi Pendidikan Karakter di Era Media Sosial. Tsamratul -Fikri, 16(1). https://doi.org/https://doi. org/10.36667/tf.v16i1.1349

Bahrudin, M. (2019). Sistem Informasi Manajemen dan Pengambilan Keputusan. Darul Ulum: Jurnal Ilmiah Keagamaan, Pendidikan Dan Kemasyarakatan, 10(2), 191–221. https://doi.org/10.62815/DARULULUM.V10I2.37

Hendra, Afriyadi, H., Tanwir, Supardi, Laila, S. N., Prakasa, Y. F., Hasibuan, R. P. A., & Asyhar, A. D. A. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Digital (Teori & Praktik). PT. Sonpedia Publishing Indonesia. https://repository.uinmataram.ac.id/2683/1/Media pembelajaran berbasis digital.pdf

Husain, R. (2020). Penerapan Model Kolaboratif Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Prosiding Webinar Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSI/article/view/396

Karlsson, J. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter Pasca Pandemi Covid -19. https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&opi=89978449&url=https://files1.simpkb.id/guruberbagi/rpp/762797-1674357161.pdf&ved=2ahUKEwjuvv_em9-JAxUvzTgGHYsaKt4QFnoECB0QAQ&usg=AOvVaw00i6OUORyFXxNbjkyEQD1Y

Musdaeni, M., Syahruni, S., & Lahis, N. (2018). Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Berbasis ICT. Seminar Nasional Pendidikan Dan Kewarganegaraan, 132–139. https://seminar.umpo.ac.id/index.php/SEMNASPPKN/article/view/167

Nata, H. (2020). Pembelajaran Kolaboratif dalam Pendidikan Karakter. Raja Grafindo Persada.

Nugroho, L. P. A. (2020). Penerapan Pembelajaran Kolaboratif Sebagai Model Pembelajaran Daring. Pengembang Teknologi Pembelajaran LPMP Jawa Tengah. https://bbpmpjateng.kemdikbud.go.id/penerapan-pembelajaran-kolaboratif-sebagai-model-pembelajaran-daring/

Nurhasanah, E., Tasia, F. E., & Hamda, N. (2022). Pendidikan Karakter pada Siswa Pasca Pandemi Covid-19. Aufklarung: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 2(1), 46–52. https://pijarpemikiran.com/index.php/Aufklarung/article/view/280

Samani, M. (2013). Konsep Dan Model Pendidikan Karakter. Remaja Posdakarya.

Surachmi W, S., & Sison, K. J. S. (2021). Educaplay As Teaching Media In Virtual Classes. Bogor English Student And Teacher (BEST) Conference, 3, 1–6. https://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/best/article/view/1110

Surachmi W, S., Utomo, S., Ismaya, E. A., & Su’ad, S. (2024). Pendampingan Program Belajar Bahasa Inggris SMAJEDUCAP : Smart-Joyful Educaplay Platform Berbasis Lesson Study Di Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati. Jurnal Pengabdian Sosial, 1(6), 441–449. https://doi.org/10.59837/7YN48P28


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.