Pembelajaran SBdP Berbasis Pertanian Industrial dengan Model Project Based Learning (PjBL) Projek Kolase Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Alfiana, A. (2023). Pengaruh Metode Pembelajaran Proyek Dengan Kegiatan Kolase Terhadap Kreativitas Anak Pada Kelompok B dI Taman Kanak-Kanak Pertiwi DWP SETDA PROV. SUL-SEL.
Altaftazani, D. H., Arga, H. S. P., Kelana, J. B., & Ruqoyyah, S. (2020). Analisis pembelajaran daring membuat seni kolase menggunakan model project based learning pada masa pandemi covid 19. P2M STKIP Siliwangi, 7(2), 185-191.
Andheska, H. (2016). Membangun Kreativitas Siswa Dalam Pembelajaran Menulis Dengan Memanfaatkan Media Pembelajaran Inovatif. Jurnal Bahastra, 36(1), 55-67.
Aprillia, E., Wulandari, R., & Fahmi, F. (2023). Pengelolan pembelajaran seni rupa melalui kegiatan kolase untuk meningkatkan kreativitas anak usia dini. HYPOTHESIS: Multidisciplinary Journal Of Social Sciences, 2(01), 139-147.
Arifin, Z. (2020). Metodologi penelitian pendidikan. Jurnal Al-Hikmah, 1(1).
Aryana, E. N., Dewi, N. K., & Khair, B. N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Terhadap Kemampuan Membuat Kolase Anorganik. Journal of Classroom Action Research, 2(1), 118-127.
Fithriani, Z. N., Sumarwiyah, S., & Roysa, M. (2022). Model Project Based Learning (PjBL) dalam Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. WASIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(2), 77-82.
Harahap, F. (2021). Penggunaan media kolase dalam pembelajaran tematik untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas IV SDN 117478 Simatahari Kecamatan Kotapinang (Doctoral dissertation, IAIN Padangsidimpuan).
Hattarina, S., Saila, N., Faradilla, A., Putri, D. R., & Putri, R. G. A. (2022, August). Implementasi Kurikulum Medeka Belajar Di Lembaga Pendidikan. In Seminar Nasional Sosial, Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA) (Vol. 1, No. 1, pp. 181-192).
Kamaruddin, T. (2017). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Audio Visual Dengan Media Kolase Pada Mata Pelajaran Ips Terpadu Kelas VIII SMP 18 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Geografi, 2(1).
Kamarudin, K., & Yana, Y. (2021). Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Melalui Metode Pembelajaran Learning Start A Question Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 213-219.
Kasta, A. (2019). Peningkatan kreativitas seni anak melalui kolase dengan menggunakan daun pisang di TK Aisyiyah Talaok. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 4(1), 19-24.
Maula, L. H., & Nurasiah, I. (2022). Peningkatan kreativitas siswa melalui teknik kolase pada siswa kelas iv sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 877-883.
Muqodas, I. (2015). Mengembangkan kreativitas siswa sekolah dasar. Metodik Didaktik, 9(2), 25-33.
Nugraha, A. R., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar IPA pada siswa kelas 5 SD. Kalam Cendekia Pgsd Kebumen, 6(4.1).
Nurinayah, A. Y., Nurhayati, S., & Wulansuci, G. (2021). Penerapan pembelajaran steam melalui metode proyek dalam meningkatkan kreativitas anak usia dini di tk pelita. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 4(5), 504-511.
Nurmaya, D., Wahyudi, E., & Yulizah, Y. (2023). Pengaruh Pembelajaran Kolase Terhadap Kemampuan Motorik Halus Siswa Kelas 1 Sdit Al-Ishlah Musi Rawas (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri Curup).
Opida, S., & Oktaviani, H. (2024). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekolah. Dirasah: Jurnal Studi Ilmu dan Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 382-392.
Primawati, Y. (2023). Pengembangan kreativitas seni rupa anak usia dini. Journal of Early Childhood Studies, 1(2), 1-10.
Saida, N., & Yunitasari, A. (2022). Penerapan Pembelajaran Kolase Sebagai Upaya Edukasi Fauna Di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(2), 490-499.
Setyowati, E., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penggunaan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa kelas 5 SD negeri mangunsari 07. Justek: Jurnal Sains Dan Teknologi, 1(1), 76-81.
Subchiya Hanum, A., & Wahyudi, W. (2023). Implementasi Project Based Learning (PjBL) Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Self-responsibility Siswa Kelas IV A SDN Kutowinangun 01 Salatiga. WASIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(2), 86-95.
Ucus, S. (2018). Exploring Creativity in Social Studies Education for Elementary Grades: Teachers' Opinions and Interpretations. Journal of Education and Learning, 7(2), 111-125.
DOI: https://doi.org/10.24176/wasis.v6i1.11677
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
in Collaboration with:
Visitor: