Dampak Film Animasi Upin Ipin Terhadap Sikap Peduli Lingkungan Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar

Ayunda Rizki Safitri
Murtono Murtono
Deka Setiawan

Abstract


The purpose of this study was to analyze the impact of the animated film Upin and Ipin on the environmental care attitude of 5th graders at SD 2 Ngarus.

The research method used is qualitative phenomenology. This research is focused on looking at the impact of the film Upin and Ipin on students' environmental care attitudes. The research was conducted at SD 2 Ngarus. The informants in this study were 5th graders. The data collection techniques used were 1) documentation; 2) interview; and 3) observation. In analyzing qualitative data, it is carried out through three stages, namely: data reduction, data display, and conclusion drawing/verification.

The results of the study found that there were changes in attitudes such as diligently helping and paying attention to plants and throwing garbage around them, turning off the water faucet when not in use, throwing garbage in its place after the informants watched the Upin and Ipin movie. Furthermore, the informants have awareness in recycling waste into items that have a selling value, use plastic waste after it is disposed of, invite friends to collect used items and then bury them.

Meanwhile, the negative impact is that the informants never help their parents burn the accumulated garbage, the informants have not been able to save fuel (energy), and the informants sometimes do not throw away used goods.


Keywords


impact, animated film, environmental care attitude

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ardial. (2014) Paradigma dan Model Penelitian Komunikasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Dewi, Erlin Kusuma. (2010). Film Kartun Upin dan Ipin Dalam Sosialisasi Nilai Pada Anak-anak (Studi Kasus Pada Anak-anak Usia 8 Sampai 12 Tahun Di Desa Penaruban, Kecamatan Weleri, Kabupaten Kendal). (Unpublished Undergraduate Thesis). Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Fathurohman, Irfai., Nurcahyo, Agung Dwi., & Rondli, Wawan Shokib. (2014). Film Animasi Sebagai Media Pembelajaran Terpadu Untuk Memacu Keaksaraan Multibahasa Pada Siswa Sekolah Dasar. REFLEKSI EDUKATIKA : Jurnal Ilmiah Kependidikan,4(1).

Handayani, Ani. (2013). Peningkatan Sikap Peduli Lingkungan Melalui Implementasi Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) Dalam Pembelajaran IPA Kelas IV.1 di SD N Keputran “A”. (Unpublished Undergraduate Thesis). Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Ismaya, Erik Aditia. (2014). Membangun Generasi Emas Indonesia 2045 Yang Cinta dan Peduli Lingkungan. Makalah pada Seminar Nasional Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan dengan tema “Pembangunan Berkelanjutan dalam Perspektif Ketahanan Energi, Pengelolaan Lingkungan dan Pengelolaan Bencana” At: Universitas Diponegoro Semarang/ Program Studi Magister Ilmu Lingkungan Universitas Diponegoro Semarang.

Ismaya, E., Setiawan, D., & Susanti, R. (2022). Persepsi Anak Usia 10 Tahun terhadap Film Animasi Upin dan Ipin Episode “Ikhlas dari Hati” di Desa Pulorejo. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(1), 373-382. https://doi.org/10.5281/zenodo.5849442

Jannah, Amiliya Nurul., Ismaya, Erik Aditia., & Setiawan, Deka. (2022) Persepsi Anak Usia 12 Tahun Terhadap Film Animasi Nussa Dan Rara Episode Libur Jangan Lalai Di Desa Klecoregonang Kecamatan Winong Kabupaten Pati. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 7(1).

Lestari, Y. (2018). Penanaman Nilai Peduli Lingkungan Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 4(2). https://doi.org/10.30738/trihayu.v4i2.2238

Masruroh. (2018). Membentuk Karakter Peduli Lingkungan Dengan Pendidikan. Gea. Jurnal Pendidikan Geografi, 18(2).

Munadi. Y. (2008). Media pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gunung Persada Perss

Moleong, Lexy. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasrullah, Adnan (2019). Pengaruh Film Kartun Upin Dan Ipin Terhadap Perilaku Keagamaan Peserta Didik Pada Kelas IV MIN 1 Kota Makassar. (Unpublished Undergraduate Thesis). UIN Alaudin, Makassar.

Naim, Ngainun. (2012). Character Building Optimalisasi Peran Pendidikan dalam Pengembangan Ilmu & Pembentukan Karakter Bangsa. Jakarta: ArRuzz Media.

Nuha, Siti Ulin., Ismaya, Erik Aditia., & Fardani, Much Arsyad. (2021). Nilai Peduli Sosial Pada Film Animasi Nussa dan Rara. Jurnal Riset Pendidikan Dasar 04 (1), 17-23.

Nirarita ECh. (2003). Pendidikan Lingkungan Hidup dalam Sekolah Formal. Didalam: Muntasib SH, Meilani R, editor. Model Pengembangan Pendidikan tentang Hutan dan Lingkungan Bagi Anak Sekolah. Prosiding Workshop Model Pengembangan Pendidikan tentang Hutan dan Lingkungan bagi Anak Sekolah. Bogor: 24 Apr 2003. Bogor: Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor, Pusat Bina Penyuluhan Kehutanan Departemen Kehutanan, dan The Nature Conservancy.

Purwanti, Dwi. (2017). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Implementasinya. DWIJACENDEKIA Jurnal Riset Pedagogik 1(2), 14-20.

Saputro, M. Endy. (2011). Upin & Ipin: Melayu Islam, Politik Kultur, dan Dekomodifikasi New Media. Kontekstualita, 26(1), 31-69.


Sayekti, Alinaningrum., Fajrie, Nur., & Fardani, Much Arsyad. (2022). Nilai Religius Dan Toleransi Dalam Film Animasi “Nusa Dan rara”. Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(1), 10-19.

Sitorus, Lampola., & Lasso, Aldi Herindra. (2021). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Pembiasaan dan Pembudayaan di Sekolah Menengah Pertama. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 3 (5), 2206 - 2216

Trianton. T. (2013). Film Sebagai Media Belajar. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Zuchdi, Darmiyati. (2011). Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Teori Dan Praktik. Yogyakarta: UNY Press.




DOI: https://doi.org/10.24176/wasis.v3i1.6974

Article Metrics

Abstract views : 787| PDF views : 562

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View My Stats

Terindeks:

gs 


 

 Visitor:

Free counters!