ANALISIS FAKTOR-FAKTOR KEBIASAAN ANAK BERMAIN GAME ONLINE DI SDN ANGKATAN KIDUL 01

Widia wati

Abstract


ANALISIS FAKTOR-FAKTOR KEBIASAAN ANAK BERMAIN GAME ONLINE DI SDN ANGKATAN KIDUL 01

 

Widiawati1, Maturi2, F. Shoufika Hilyana3

123Universitas Muria Kudus

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi anak melakukan kebiasaan bermain game online. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif atau pendekatan fenomenologi sebagai tahapan dalam penelitian. Penelitian ini dilakukan di Desa Angkatan Kidul Kecamatan Tambakromo Kabupaten Pati dengan 8 informan yang terdiri dari 4 siswa dan 4 orangtua atau wali murid. Penelitian ini menggunakan Teknik pengumpulan data meliputi tahap observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi anak SDN Angkatan Kidul dalam bermain game online berbeda-beda secara umum karena kurangnya perhatian, depresi, kurang kontrol, kurangnya kegiatan, dan lingkungan. Faktor pada setiap anak dalam mempengaruhi kebiasaan anak bermain game online. Peneliti menyimpulkan bahwa faktor secara umum yang pada alami siswa SDN Angkatan Kidul 01 yang dapat mempengaruhi kebiasaan anak bermain game online dapat menyebabkan kurangnya perhatian, depresi, kurang kontrol, kurangnya kegiatan, dan lingkungan.

 

Kata Kunci: Orang Tua, Game online 

 ABSTRACTThis study aims to determine the factors that influence children's habit of playing online games. This research was conducted using qualitative research methods or a phenomenological approach as a stage in the research. This research was conducted in the village of Darat Kidul, Tambakromo District, Pati Regency with 8 informants consisting of 4 students and 4 parents/guardians of students. This study uses data collection techniques including the stages of observation, interviews, documentation. The data analysis used is a qualitative data analysis. The results of this study indicate that the factors influencing the children of SD Negeri Kidul in playing online games are generally different due to lack of attention, depression, lack of control, lack of activity, and the environment. Factors in each child in influencing the child's habit of playing online games. The researcher concluded that the general factors experienced by students at SDN Angkatan Kidul 01 that can affect children's habits of playing online games can lead to lack of attention, depression, lack of control, lack of activity, and the environment.

 


Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Adiningtiyas, S.W. (2017). Peran Guru Dalam Mengatasi Kecanduan Game online. KOPASTA: Program Jurnal Studi Bimbingan Konseling, 4(1).

Data Newzoo (2019). Diakses dari https:www.google.com/amp/s/m.republika.co.id/amp/ qd1n1d291 pada 2 Oktober 2020 pukul 20.30 WIB

Detria (2013). Efektivitas Teknik Manajemen Diri untuk Mengurangi Kecanduan Game online. Tesis. Tidak Terbitkan. Bandung:UPI.

Dinata, O., & Risdayati, R. (2017). Hubungan Kecanduan Game online Clash Of Clans terhadap Perilaku Sosial (Studi Kasus Game online Clash Of Clans pada Mahasiswa Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Riau) (Disertasi Doktor, Universitas Riau).

Fauziawati, W. (2015). Upaya Mereduksi Kebiasaan Bermain Game online Melalui Teknik Diskusi Kelompok. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 115-123.

Handayani, Dwiza (2018) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kecanduan Game online pada Remaja Kecamatan Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman menggunakan Analisis Regresi Logistik. Skripsi skripsi, Universitas Negeri Padang.

Husna, l. S.M., lukman, h., & Harahap, S.A. (2019). Interaksi Sosial Pada Mahasiswa Kecanduan Game online (Studi Pada Mahasiswa IAIN Surakarta) (Disertasi Doktor, IAIN Surakarta).

Kardefelt-Winther, D. (2017). Konseptualisasi gangguan penggunaan internet: kecanduan atau proses penanggulangan? Psikiatri dan Ilmu Saraf Klinis, 71 (7), 459-466

Khusnul Khotimah, A., & Muammar, M.A. (2015). Pengaruh Pembiasaan Sholat Berjamaah Terhadap Kesadaran Sholat Lima Waktu Siswa Mi Safinda Surabaya (Disertasi Doktor, Universitas MuhammadiyahSurabaya).

Miles, M.B., & Huberman, A. (2009). Analisis Data Kualitatif. Terjemahan oleh Tjetjep Rohendi R.

Moleong, L.J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif, Terj. Uhar Suharsaputra, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mujiburrahman, M. (2016). Pola Pembinaan Ketrampilan Shalat Anak dalam Islam. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 6(2), 185-204.

Novrialdy, E. (2019). Kecanduan game online pada remaja: Dampak dan pencegahannya. Buletin Psikologi, 27(2), 148-158.

Novrialdy Eryzal. (2019). Kecanduan Game online pada Peserta didik : Dampak dan Pencegahannya. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Padang.

Aqila yang cerdas. (2010). Cara Cerdas Mengatasi Anak Kecanduan Game. Yogyakarta. Sebuah tambahan buku. Jural.

Surbakti, K. (2017). Pengaruh Game online terhadap Remaja. Jurnal Curere, 1(1).

Widiyono, A. (2020). Efektifitas Perkuliahan Daring (Online) pada Mahasiswa PGSD di Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan, 8(2), 169-177




DOI: https://doi.org/10.24176/wasis.v4i1.9817

Article Metrics

Abstract views : 119|

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View My Stats

Terindeks:

gs 


 

 Visitor:

Free counters!