Konseling Kelompok dengan Pendekatan Behaviouristik untuk Siswa SMP

Erdiyati Erdiyati

Abstract


This article aims to examine the bahavioutristik approach in group counseling situations. The method used is the study of literature by comparing the author's experience during implementing group I school counseling. The result can be found techniques in the bahaviouristic approach that can be developed in the implementation of group counseling for junior high school students

Teks Lengkap:

61-66

Referensi


Arikunto, Suharsini. (2006). Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Dimyati, Mahmud. (2000). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Edi, Legowo. (2003). Analisis Pengubahan Tingkah Laku. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret

Hurlock, E. (1999). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga

Hamalik, Oemar. (2004). Prses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Iqbal, Hasan. (2002). Pokok-Pokok Materi metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Jakarta: Ghalia Indonesia

Margaret, Bell. (2001). Belajar dan Membelajarkan. Jakarta: Rajawali Pers

Marzuki. (2002). Metodologi Riset. Yogyakarta: Bagian Penerbitan Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia

Muhibbin, Syah. (2005). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Santoso, S., & Zamroni, E. (2017). Analysis of Social and Emotional Development of Orphaned Youth in terms of Self Concept and Resilience: Study at Child Care Children's Home (PSAA) Tunas Bangsa Pati. GUIDENA: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan dan Konseling, 7(1), 87-93.

Sardiman. (2002). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Gunarso, S. (2002). Konseling dan Psikoterapi. Jakarta: Gunung Mulia

Slameto. (2005). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Soedomo, Hadi. (2005). Pengelolaan Kelas. Surakarta: Lembaga Pengembangan Pendidikan UNS dan UPT Penerbitan Percetakan UNS

Soli&Thayeb. 2002. Teknik dan Laboratorium Konseling. Jakarta: departeman Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Proyek Pendidikan Tenaga Akademik

Trisno, Martono. (2005). Strategi Belajar-Mengajar. Surakarta: departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Universitas Sebelas Maret

Thulus, Hidayat dkk, (2001). Psikologi Pendidikan. Surakarta: FKIP Universitas Sebelas Maret

Yamin, Martini, (2006). Sertifikasi Profesi Keguruan di Indonesia, Jakarta : Putra Grafika.

Winkel WS, (2001). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta: Grasindo

Zamroni, E. (2016). Urgensi career decision making skills dalam penentuan arah peminatan peserta didik. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(2).

Zamroni, E., & Rahardjo, S. (2015). Manajemen Bimbingan Dan Konseling Berbasis Permendikbud Nomor 111 Tahun 2014. Jurnal Konseling Gusjigang, 1(1).

Zamroni, E., Sugiharto, D. Y. P., & Tadjri, I. (2014). Pengembangan Multimedia Interaktif Bimbingan Karir Untuk Meningkatkan Keterampilan Membuat keputusan Karir Pada program Peminatan Siswa SMP. Jurnal Bimbingan Konseling, 3(2)




DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v1i1.2612

Article Metrics

Abstract views : 449| 61-66 views : 5721

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




real
time web analytics Jurnal Prakarsa Paedagogia Status

Negara Asal Pengunjung:

Flag Counter

Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.

Dedicated to: