Penggunaan Metode Fast Feedback Model Stick Cards Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Materi Pesawat Sederhana

Theresia Sri Rahayu

Abstract


Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, Setting penelitian dilaksanakan di kelas VIII B SMP Negeri 2 Tengaran Kabupaten Semarang Tahun 2018/2019 dengan subyek penelitian 32 siswa. Variabel input: hasil belajar siswa pada materi Pesawat Sederhanasebelum menggunakan metode fast feedback  model stick cards. Variabel proses: Proses pembelajaran IPA pada materi Pesawat Sederhana metode fast feedback  model stick cards. Variabel Output: hasilbelajar siswa setelah menggunakan metode fast feedback  model stick cards pada mata pelajaran IPA pada materi Pesawat Sederhana. Metoda pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan tehnik tes. Alat pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah butir soal dan lembar observasi. Analisis data menggunakan analisis diskriptif komparatif dilanjutkan refleksi. Hasil Penelitianini dilakukan melalui dua siklus. Pada siklus I menunjukkan  rerata hasil ulangan  harian mencapai 72,7  meningkat lagi menjadi 77,4 pada siklus II sehingga terjadi kenaikan sebesar 4,7%. Persentase ketuntasan secara klasikal pada siklus 1 sebesar 65,6% meningkat menjadi 87,5% pada siklus II sehingga terjadi kenaikan persentase ketuntasan klasikal sebesar 21,9%.  Kesimpulan:  Penggunaan Metode Fast Feedback  Model Stick Cards  dapat meningkatkan hasil belajar belajar siswa. Disarankan kepada guru, hendaknya dapat Penggunaan Metode Fast Feedback  Model Stick Cards  dalam proses pembelajaran sehinggahasil belajar siswa dapat meningkat.

Teks Lengkap:

106-110

Referensi


Arikunto, Suharsimi, dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Dimyati, Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamdani. 2008. Classroom Action Research. Rahayasa.

Karim, Saeful. dkk. 2008.Belajar IPA Belajar IPA Membuka Cakrawala Alam Sekitar. Jakarta: Pendidikan Nasional

Depdiknas .2006. Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta : Depdiknas

Depdiknas. 2016. Permendiknas No 22 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas

Sumiati. 2008. Metoda Pembelajaran. Bandung: Cv Wacana Prima

Wasis dan Sugeng Yuli Irianto, (2008). Ilmu Pengetahuan Alam SMP dan MTs Kelas VIII. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Siswa Mata Pelajaran IPA Kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Mata Pelajaran IPA Kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.




DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v4i1.6472

Article Metrics

Abstract views : 148| 106-110 views : 179

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

real
time web analytics Jurnal Prakarsa Paedagogia Status

Negara Asal Pengunjung:

Flag Counter

Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.

Dedicated to: