Konseling Behavioristik Dengan Teknik Modeling Simbolik Untuk Mengatasi Anak Yang Tidak Menghargai Guru Les Di Desa Wonoketingal Karanganyar Demak
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1. Mengetahui faktor-faktor penyebab perilaku anak yang tidak menghargai guru les di desa wonoketingal karanganyar demak, 2. Mendiskripsikan penerapan konseling behavioristik dengan teknik modeling pada anak les di desa wonoketingal karanganyar demak. Perilaku tidak menghargai guru merupakan salah satu sikap yang harus dihilangkan dalam diri. Konseling behavioristik dengan teknik modeling simbolik adalah upaya pemberian bantuan anak untuk mengubah perilaku konseli agar dapat memecahkan masalahnya. Jenis penelitian ini menggunakan studi kasus yang dilaksanakan di tempat Majlis Ta’lim Alhusna Sedangkan subjek penelitian ini ada 3 klien yaitu PWR anak SMP,RMA dan JN anak SMA yang mempunyai masalah tidak menghargai guru, kegiatan ini berlangsung tiga kali pertemuan. Hasil dari penelitian ini bahwa proses konseling ditempat belajar les didesa wonoketingal karanganyar demak, sudah mampu mengubah tingkah lakunya dengan baik.
Keywords
Teks Lengkap:
117-122Referensi
Arikunto, Suharsimi. 2005. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Asrori.Moh. (2008). Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendididkan Nasional
Budiyanto, Yasin. 2013. Studi Kasus Memperbaiki Etika Siswa Terhadap Guru Melalui Konseling Behavioristik di Kelas XI TAV 3 SMK N 2 Kudus 2013/2014. Skripsi. Kudus: Universitas Muria Kudus.
Corey, Gerald. 2009. Teori dan Praktek Konseling & Psikoterapi. Terjemah E. Koswara. Bandung: Refika Aditama
Dediknas.2003.Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Depdikbud. 1997. Studi Kasus. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Umum.
Herdiansyah, Haris. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Salemba Humanika.
Komalasari, Eka Wahyuni & Karsih. 2011. Teori dan Teknik Konseling.Jakarta: PT Indeks
Lubis, Namora Lumongga. 2011. Memahami Dasar-Dasar Konseling Dalam Teori dan Praktik. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Moleong,M.A, 2009, Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Rahardjo, Susilo & Gudnanto. 2011. Pemahaman Individu Teknik Non Tes. Kudus: Universitas Muria Kudus
Willis, Sofyan S. 2010. Konseling Individual Teori dan Praktek. Bandung: Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v4i1.6474
Article Metrics
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Prakarsa Paedagogia Status
Negara Asal Pengunjung:
Jurnal Prakarsa Paedagogia dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.
Dedicated to: